Ketatnya persaingan yang dihadapi perusahaan dewasa ini membuat manajemen sering dihadapkan pada masalah-masalah yang membutuhkan pengambilan keputusan yang kritis, tepat dan inovatif melalui perhitungan dan analisis yang akurat. Salah satu masalah yang sering dihadapi perusahaan adalah bagaimana mengoptimalisasi kapasitas produksi dalam rangka meningkatkan keuntungan perusahaan. Optimalisasi kapasitas produksi dapat dengan dengan berbagai cara, salah satunya dengan diversifikasi produk. Diversifikasi produk memiliki keunggulan tersendiri. Selain dapat meningkatkan laba perusahaan, diversifikasi produk menciptakan pangsa pasar baru bagi perusahaan. Pada skripsi ini, penulis melakukan analisis dan evaluasi atas pengambilan keputusan untuk melakukan diversifikasi produk atau tidak di PT Supratama Aneka Industri melalui penerapan konsep biaya relevan. Dalam analisanya untuk melakukan diversifikasi produk dari kemasan cup plastik untuk air minum menjadi kemasan kemasan cup plastik untuk makanan ringan, PT Supratama melakukan analisa perbandingan rugi laba dengan konsep biaya relevan dimana biaya-biaya yang relevan dalam pengambilan keputusan diversifikasi produk dianalisis dan diperhitungkan Analisa dan penerapan konsep biaya relevan yang dilakukan PT Supratama sudah cukup memadai termasuk dalam hal pengklasifikasian biaya, penentuan serta penghitungan biaya produksinya. Walaupun penulis melihat ada kelemahan pemisahan biaya semi-variabel dan penetapan tarif biaya overhead untuk masing-masing unit produk. Dari hasil analisa perbandingan antara keputusan untuk melakukan diversifikasi produk atau tidak, ternyata alternatif diversifikasi produk mampu memberikan tambahan laba bagi perusahaan secara signifikan. Oleh karena itu keputusan diversifikasi produk dapat dilakukan. |