VERTUE merupakan usaha jasa yang bergerak cia/am bidang industri jasa modifikasi interior mobil. Seiring dengan perkembangannya, industri jasa modifikasi interior mobil semakin banyak diminati oleh masyarakat. Banyakn~zindustri jasa modifikasi interior mobil yang ada di Indonesia, khususnya kawasan Jakarta menyebabkan ketatnya persaingan antar jasa modifikasi interior mobil. Menghadapi persaingan yang ketat mi merupakan suatu keharusan bagi setiap usaha jasa untuk merancang strategi bisnis mereka. Salah satu pendekatan untuk merancang strategi adalah dengan menggunakan Blue Ocean Strategy. Dengan menggunakan Blue Ocean Strategy, VERTUE berusaha mencari ruang pasar baru yang belum dijamah oleh para pesaing, sehingga kompetisi tidak lagi relevan. Perancangan Blue Ocean Strategy pada VERTUE terdiri dan tiga tahapan utama, yaitu kanwis strategi, kerangka kerja empat langkah, dan skema hapuskan-tingkatkan-kurangiciptakan. Strategi hasil perancangan Blue Ocean Strategy adalah dengan menghapuskan penawaran merek produk yang berkualitas rendah, meningkatkan promosi dan dan kemudahan bertransaksi, mengurangi ruangan dan jumlah toko yang disewa, mengurangi resiko konsumen membawa mobilnya ke lokasi usaha VERTUE, menciptakan penawaran pelayanan jasa di tempat konsumen, pada perusahaan jasa taksi dan penyewaan mobii,dan menciptakan sistem pembayaran kontrak |