Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:26 WIB
Detail
BukuPersepsi Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Terhadap Peran Guru Bimbingan Konseling Di Sekolah
Bibliografi
Author: Imelda ; Mamesah, Michiko (Advisor)
Topik: PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Imelda's Undergraduate Theses.pdf (335.76KB; 84 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-341
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Ada bermacam-macam masalah yang dialami oleh para siswa di sekolah.Beberapa siswa dapat mengatasi masalahnya sendiri, tetapi ada juga yang tidak dapat mengatasinya sendiri. Siswa yang tidak dapat mengatasi masalahnya sendiri
membutuhkan guru pembimbing. Guru pembimbing diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Untuk itu, perlu diperhatikan peran mereka
dalam kehidupan nyata sehari-hari.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai persepsi mahasiswa FKIP program studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2002 dan 2003 terhadap peran guru pembimbing. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui apakah peran guru pembimbing di sekolah sebagai penolong dari
setiap masalah yang dihadapi siswa lebih terlihat dibandingkan peran-peran lainnya seperti informator, komunikator, fasilitator, interpreter, dan konsultan.Subjek penelitian ini adalah mahasiswa FKIP-BK angkatan 2002 dan 2003
berjumlah 40 orang, terdiri dari 19 orang angkatan 2002 dan 21 orang angkatan 2003. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif, sedangkan instrumen yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data adalah skala penilaian. Berdasarkan hasil ujicoba instrumen, dari 60 pernyataan ada 26 pernyataan yang dinyatakan valid dengan reabilitas alpha sebesar 0,883.
Perangkat analisis data yang digunakan adalah tabel distribusi frekuensi.Hasil analisis data menunjukkan mahasiswa program studi Bimbingan
Konseling angkatan 2002 dan 2003 Unika Atma Jaya, Jakarta mempersepsikan peran guru pembimbing sebagai penolong. Persepsi guru pembimbing sebagai penolong dapat terlihat karena aktivitas-aktivitas guru pembimbing di sekolah
nampak pada kehidupan sehari-hari dibandingkan dengan aktivitas lainnya, seperti emberikan alternatif pemecahan masalah, memfasilitasi antara orang tua dengan siswa/guru mata pelajaran lain
Saran-saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian, yakni: (1) Bagi mahasiswa BK diharapkan mengadakan pertemuan untuk sharing dalam bentuk/metode bimbingan kelompok dengan tujuan agar mendapatkan masukanmasukan
mengenai permasalahan yang ada di sekolah. (2) Bagi program studi Bimbingan dan Konseling agar sering mengadakan pelatihan/training/seminar
bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi guru pembimbing di sekolah dan menjadi lebih profesional dimata siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)