Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:57 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
AN ANALYSIS OF LOYALTY MODEL INVOLVING FOUR STAGE OF BRAND LOYALTY AND CUSTOMER SATISFACTION (Case Study : Hotel X, Jakarta)
Bibliografi
Author:
Chandra, Aditya
;
Sukwadi, Ronald
(Advisor)
Topik:
Kepuasan Konsumen
;
Cognitive Brand Loyalty
;
Affective Brand Loyalty
;
Conative Brand Loyalty
;
Behavior Brand Loyalty
;
SEM
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2008
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Aditya Chandra's Undergraduate Theses.pdf
(1.48MB;
223 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FTI-329
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Dengan terus berkembangnya sektor pariwisata di Indonesia, khususnya di Jakarta, kebutuhan akan akomodasi terus bertambah. Kalangan perhotelan berlomba-lomba untuk mendapatkan wisatawan, baik wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik. Terdapat dua jenis strategi yang lazim digunakan oleh pihak perhotelan, yaitu strategi moneter yang berfokus pada harga, program reward, dan sebagainya dan strategi nonmoneter yang lebih mengutamakan pendekatan individu kepada para konsumennya. Hotel X sebagai salah satu hotel yang berkedudukan di Jakarta menyadari diperlukannya strategi yang tidak hanya membuat konsumen merasa puas saja, tapi lebih menitikberatkan agar konsumen tersebut menjadi setia terhadap hotel X. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan variabel-variabel yang menggambarkan loyalitas terhadap merk, dengan studi kasus Hotel X. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang konsumen yang menginap pada hotel X. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode structural equation model (SEM) dari software AMOS. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa model loyalitas merk yang diteliti tersebut dapat diterima dengan didapatkan nilai-nilai kesesuaian (goodness of fit index) yang memenuhi syarat. Hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa customer satisfaction mempunyai pengaruh yang positif terhadap cognitive brand loyalty, cognitive brand loyalty mempunyai pengaruh yang positif terhadap affective brand loyalty, affective brand loyalty mempunyai pengaruh yang positif terhadap conative brand loyalty, conative brand loyalty mempunyai pengaruh yang positif terhadap behavior brand loyalty, dan customer satisfaction tidak mempunyai pengaruh terhadap behavior brand loyalty. Namun terdapat efek mediasi dari customer satisfaction terhadap behavior brand loyalty melalui proses attitudinal brand loyalty. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa memuaskan konsumen saja tidak berarti konsumen yang merasa puas tersebut menjadi loyal kepada hotel X. Untuk itu suatu kebijakan untuk dapat membuat konsumen menjadi loyal dapat dilakukan dengan pendekatan secara individu, hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan standarisasi pelayanan dan penambahan fasilitas yang mampu membuat konsumen menjadi nyaman.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)