Anda belum login :: 27 Nov 2024 01:08 WIB
Detail
BukuEfektivitas Strategi Bersaing Pt. Gayung Mulya Ikif Dalam Bisnis Jasa Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Untuk Negara Tujuan Saudi Arabia
Bibliografi
Author: Rohyadi, Okto ; Haryadi, Adi (Advisor)
Topik: Efektivitas Strategi Bersaing; Bisnis Jasa Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1384
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Persaingan yang terjadi di dalam dunia bisnis kian hari semakin ketat. Begitu pun dalam bisnis jasa penempatan tenaga kerja kerja (TKI) Indonesia di
luar negeri. Penempatan tenaga kerja di luar negeri menjadi salah satu pilihan kegiatan strategis untuk masuk ke dalam persaingan global. Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri menjadi salah satu kebijakan pemerintah
dalam menanggulangi masalah pengangguran di Indonesia. Penempatan TKI di luar negeri dibagi menjadi dua kawasan tujuan penempatan, yaitu kawasan Asia Pasifik dan kawasan Timur Tengah. PT. Gayung Mulya Ikif adalah salah satu
perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penempatan TKI untuk kawasan Timur Tengah. Pangsa pasar terbesar Indonesia untuk kawasan Timur Tengah adalah negara Saudi Arabia.
Dengan semakin ketatnya persaingan dalam bisnis penempatan TKI di di Saudi Arabia, maka PT. Gayung harus memiliki strategi yang tepat agar mampu bersaing dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, di mana hal ini
akan berdampak pada perolehan laba dan jumlah penempatan TKI. Penerapan strategi suatu perusahaan akan dipengaruhi oleh lingkungan eksternal dan internalnya. Lingkungan ekternal terdiri dari lingkungan jauh, lingkungan industri
dan lingkungan operasi. Terdapat lima kekuatan dalam lingkungan industri yang dapat mempengaruhi perusahaan, yaitu pendatang baru, produk pengganti, pembeli, pemasok, dan pesaing. Lingkungan eksternal tersebut akan memberikan
peluang sekaligus ancaman bagi perusahaan. lingkungan internal merupakan aktivitas dalam kendali organisasi yang prestasinya luar biasa baik atau buruk sehingga dapat menjadi kekuatan atau kelemahan perusahaan. Dalam menghadapi
persaingan yang semakin ketat maka perusahaan harus mampu memanfaatkan peluang yang ada dengan menggunakan kekuatannya serta mengantisipasi segala ancaman dan kelemahan yang dimiliki melalui penerapan strategi yang tepat
mencapai sasaran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi bersaing yang diterapkan oleh PT. Gayung Mulya Ikif efektif atau tidak. Penelitian ini dilakukan dengan cara riset kepustakaan dan penelitian
lapangan ke PT. Gayung Mulya Ikif. Penelitian ini menggunakan metode kualitataif deskriptif. Data primer didapatkan melalui wawancara langsung
dengan pihak-pihak yang terkait, sedangkan data sekunder yang merupakan data tertulis seperti data penjualan dan data penempatan TKI di Saudi Arabia, serta data-data yang berkaitan dengan permasalahan dan tujuan penelitian yang
kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk analisis-analisis secara kualitatif.
Dari hasil penelitian didapat bahwa PT. Gayung Mulya Ikif menerapkan strategi fokus. Penerapan strategi fokus ini tidak tepat dalam meningkatkan
tingkat penjualan, karena penjualan perusahaan hanya mengalami kenaikan dengan rata-rata kenaikan sebesar 29,94 %. Namun perusahaan berhasil mencapai sasarannya untuk meningkatkan jumlah penempatan TKI di Saudi Arabia dengan
rata-rata kenaikan sebesar 38,48 %. Tidak tercapainya keseluruhan sasaran perusahaan mungkin dikarenakan adanya pengaruh dari faktor eksternal dan internal perusahaan. Oleh karena itu, PT. Gayung Mulya Ikif harus terus mengembangkan strateginya agar dapat mencapai semua sasarannya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.203125 second(s)