Anda belum login :: 27 Nov 2024 09:46 WIB
Detail
BukuSISTEM PERENCANAAN JALUR DENGAN METODE D*LITE (D STAR LITE) DAN PENENTUAN KECEPATAN PUTARAN MOTOR DENGAN LOGIKA FUZZY PADA WAHANA GERAK MANDIRI
Bibliografi
Author: HENRY ; Tanudjaya, Harlianto (Advisor)
Topik: METODE D*LITE (D STAR LITE); KECEPATAN PUTARAN MOTOR
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTE-1704
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Seseorang yang mempunyai keterbatasan penglihatan (tuna netra) mengalami kesulitan untuk mengatahui lingkungan sekitar. Saat ini alat bantu yang paling banyak digunakan berupa tongkat. Penggunaan tongkat kurang dapat memberikan informasi keadaan sekitar. Untuk mengatasi kekurangan tersebut maka diperlukan sebuah perangkat bantu yang dapat bergerak secara mandiri. Perangkat bantu yang mampu bergerak secara mandiri telah dibuat oleh peneliti sebelumnya. Tugas Akhir ini merupakan pengembangan dari perangkat bantu mandiri yang telah dibuat tersebut. Pengembangan dilakukan pada sub mobul perencanaan jalur dan pengendalian motor. Metode perencanaan jalur yang digunakan adalah metode D*Lite. Metode D*Lite memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan jalur apabila saat wahana bergerak secara simulasi ditemukan halangan baru yang menutupi jalur yang telah dibentuk dalam perencanaan jalur. Pengendalian motor dilakukan dengan menentukan kecepatan motor berdasarkan jarak dengan menggunakan logika fuzzy. Berdasarkan hasil perancangan dan pengujian. Metode D*Lite dapat digunakan untuk merencanakan dan memperbaiki jalur. Logika fuzzy dapat diaplikasikan untuk menentukan kecepatan berdasarkan jarak dan kecepatan referensi sebelumnya. Kesalahan terbesar dan terkecil dalam pendeteksian kecepatan putaran motor kanan dan motor kiri yang terjadi untuk 10 kali pada setiap motor yaitu : untuk motor kanan adalah 5% dan 0,83% sedangkan motor kiri adalah 5,83% dan 0,83%. Kesalahan ini dapat menyebabkan kecepatan yang diinginkan tidak dapat tercapai sehingga pencarian kecepatan dilakukan tanpa henti selama wahana bergerak.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)