Universitas Katolik Atma Jaya adalah salah satu Universitas terkemuka di kota Jakarta yang terletak di wilayah strategis Semanggi. Dengan kualitas yang dimilikinya, Unika Atma Jaya telah memiliki banyak lulusan yang terpercaya dan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan. Kantin menjadi salah satu fasilitas penting dalam kampus yang dibutuhkan oleh seluruh penghuni kampus. Dalam banyaknya perubahan yang sedang dilakukan, pihak kampus mencoba untuk memberikan fasilitas kantin yang lebih baik lagi terutama bagi mahasiswa dengan cara mencari tahu posisi kantin kampus terhadap tempat makan lain yang terletak di sekitar kampus dan apa yang menjadi pilihan konsumen untuk memilih tempat makan.Untuk itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi target market terhadap kantin kampus dan kombinasi atribut optimal untuk kantin kampus, serta memberikan usulan strategi pemasaran. Metode yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah menghitung nilai rata-rata untuk persepsi konsumen dan menggunakan metode conjoint yang dapat memberikan nilai kegunaan untuk masing-masing taraf dari setiap atributnya dan memberikan nilai tingkat kepentingan untuk masing-masing atribut.Dari hasil analisis pengolahan data diketahui bahwa preferensi konsumen dalam memilih tempat makan sangat dipengaruhi oleh kualitas makanan,kenyamanan tempat makan, dan harga. Selain itu, persepsi konsumen terhadap kantin kampus memiliki persepsi yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan tempat makan lainnya dan atribut yang menjadi pilihan konsumen saat memilih tempat makan adalah tempat makan dengan lokasi Food Court Plaza Semanggi,dengan jumlah kios makan =10 kios, dan harga Rp5000 – Rp10000, serta tidak terpengaruh dengan lokasi tempat makan indoor maupun outdoor. Untuk mengatasi hal ini, maka dibuatlah suatu usulan strategi pemasaran yang memanfaatkan keunggulan akses, kualitas, dan harga makanan serta mengembangkan kantin kampus dengan memperbaiki atau membangun fasilitas kantin yang lebih modern dan lebih baik lagi sesuai dengan atribut yang menjadi pilihan konsumen. |