Seiring dengan semakin baiknya pertumbuhan perekonomian dalam negeri dan semakin tumbuhnya merek lain dengan menawarkan harga lebih murah dan berbagai macam desain yang menarik dan inovatif maka PT.Lea Sanent sebagai salah satu perusahaan garmen yang sebagian besar memproduksi celana jeans menyadari pentingnya sebuah merek. Untuk mengetahui kekuatan mereknya, maka PT.lea Sanent bermaksud mengadakan penelitian terhadap konsumen pengguna celana jeans untuk mengetahui kesadaran merek mereka, atribut-atribut yang dipentingkan dalam membeli celana jeans, posisi merek celana jeans Lea dibandingkan pesaing-pesaingnya,persepsi konsumen terhadap produk celana jeans Lea, serta loyalitas konsumen Lea terhadap merek celana jeans Lea ini sendiri. Penelitian yang dilakukan dengan desain deskriptif yaitu dengan tujuan untuk menguraikan sifat atau katakteristik dari suatu fenomena tertentu, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat penelitiannya. Dari data yang diperoleh maka dilakukan pengolahan data yang meliputi statistic deskriptif, crosstab, uji cochran dan analisa SWOT yang berguna untuk merumuskan strategi perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa celana jeans Lea memiliki keunggulan hampir semua atribut dari segi persepsi konsumen hanya satu atribut yang tidak unggul yaitu tahan lama/warna tidak pudar, dan dari image Lea yang terbentuk atribut enak dipakai dan merek terkenal. Dilihat dari segmen pasar celana jeans yang lebih banyak adalah kalangan mahasiswa hingga karyawan.Strategi promosi yang dapat dilakukan Lea adalah dengan membuat iklan yang menampilkan atribut-atribut keunggulan celana jeans Lea. Sebagai media promosi utamanya adalah televisi dan majalah untuk televisi yang perlu diperhatikan adalah jam penayangan iklan sedangkan majalah yang perlu diperhatikan adalah majalah khusus kalangan mahasiswa hingga karyawan. |