Pencapaian tujuan belajar rcara optimal oleh siswa adalah tujuan seliap guru, sehingga secara emosi gum merasa puas, demikian pula dengan siswa Penguasaan materi belajar saat mi, mendukung tercapainya keberhasilan pembelajaran berikutnya Siswa yang sudah menguasai dengan balk materi ajar sebelumnya., akan lebih siap untuk memasuki pembelajaran berlkutnya. Penguasaan inateri ajar akan berdampak kepada peningkatan basil belajar siswa, hal tersebut dapat dicapai guru melalui penggunaan variasi sumber belajar dalam proses pembelajaran. Jews penelitian yang dilakukan adalali Penelitian Tindakan Kelas memakai model Kermuis dan Mc Taggart yang dikenal dengan metode siklus. Peneliiian mi dilakukan di SD Tarakanita I Jakarta pada mata pelajaran WA di kelas 5C dengan jwnlab siswa 37 orang. Penelitian yang dilakukan path tahun ajaran 2006 -2007 mi dilakukan oleh guru peneliti yang sekaligus sebagai wali kelas SC. Tujuan penelitian mi untuk meningkatkan pemahainan siswa terbadap konsep IPA, khususnya dalam hal ketuntasan pencapaian tujuan belajar mala pelajaran Ilmu Pengetabuan Alam siswa kelas 5C Sekolab Dasar Tarakanita I Jakarta. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dengan 3 tema. Setiap tema mempunyai alokasi waktu 140 menit dalam 2 kali tatap muka. Dalam setiap tatap muka gurumenggtmakan sumber belajar dan metode yang berbeda dan bervariasi sesuai denganmateri belajaryang diajarkan. Setelab dilakukan penelitian sebanyak 6 kali tatap inuka, diperolth basil belajar yang berbeda daii yang sebelwnnya. Perbedaan itu adalab siswa lebih antusias; siswa lebik semangat; siswa leblh aktif siswa lebih kreatif, serta leblh berani mengungkapkan pendapat Selain itu pemahainan siswa terhadap materi pelajaran lebih mendalam serta pengalaman siswa menjadi lebih luas yang pada akhirnya ditunjukkan dengan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsepkonsep WA. Berdasaikan penelitian yang telah dilakukan, dlharapkan pam gum dapat menerapkan penggunaan vaiiasi sumber belajar dalam setiap pembelajaran di kelas. Kegiatan mi akan mencapai basil maksimal bila guni inennliki pemahaman dan keterampilan dalam mengelola berbagai sumber belajar. Guru harus mempersiapkan skenario pembelajaran yang merangsang siswa untuk kreatif belajar dan berpikir, sehingga suasana kelas menjadi leblh hidup dan menyenangkan bagi siswa. Penggunaan swnber belajar yang bervanasi akan leblh efektifhasilnya, bila guru memiliki keterampilan mengelolakelas dengan baik. |