Anda belum login :: 23 Nov 2024 10:27 WIB
Detail
BukuPENGGUNAAN VARLASI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS VC SD TARAKANITA I JAKARTA
Bibliografi
Author: CAHYANI, TITIK DWI ; Pryadarsina, Vitriyani (Advisor)
Topik: Variasi Sumber Belajar; Pemahaman Konsep Peiwap
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Titik Dwi Cahyani's Undergraduate Theses.pdf (4.89MB; 2 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-036
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pencapaian tujuan belajar rcara optimal oleh siswa adalah tujuan seliap guru, sehingga secara emosi gum merasa puas, demikian pula dengan siswa
Penguasaan materi belajar saat mi, mendukung tercapainya keberhasilan pembelajaran berikutnya Siswa yang sudah menguasai dengan balk materi ajar sebelumnya., akan lebih siap untuk memasuki pembelajaran berlkutnya. Penguasaan inateri ajar akan berdampak kepada peningkatan basil belajar siswa, hal tersebut dapat dicapai guru melalui penggunaan variasi sumber belajar dalam
proses pembelajaran. Jews penelitian yang dilakukan adalali Penelitian Tindakan Kelas
memakai model Kermuis dan Mc Taggart yang dikenal dengan metode siklus. Peneliiian mi dilakukan di SD Tarakanita I Jakarta pada mata pelajaran WA di kelas 5C dengan jwnlab siswa 37 orang. Penelitian yang dilakukan path tahun
ajaran 2006 -2007 mi dilakukan oleh guru peneliti yang sekaligus sebagai wali kelas SC. Tujuan penelitian mi untuk meningkatkan pemahainan siswa terbadap konsep IPA, khususnya dalam hal ketuntasan pencapaian tujuan belajar mala
pelajaran Ilmu Pengetabuan Alam siswa kelas 5C Sekolab Dasar Tarakanita I Jakarta. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dengan 3 tema. Setiap tema
mempunyai alokasi waktu 140 menit dalam 2 kali tatap muka. Dalam setiap tatap muka gurumenggtmakan sumber belajar dan metode yang berbeda dan bervariasi sesuai denganmateri belajaryang diajarkan. Setelab dilakukan penelitian sebanyak 6 kali tatap inuka, diperolth basil
belajar yang berbeda daii yang sebelwnnya. Perbedaan itu adalab siswa lebih antusias; siswa lebik semangat; siswa leblh aktif siswa lebih kreatif, serta leblh berani mengungkapkan pendapat Selain itu pemahainan siswa terhadap materi pelajaran lebih mendalam serta pengalaman siswa menjadi lebih luas yang pada akhirnya ditunjukkan dengan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsepkonsep WA. Berdasaikan penelitian yang telah dilakukan, dlharapkan pam gum dapat
menerapkan penggunaan vaiiasi sumber belajar dalam setiap pembelajaran di kelas. Kegiatan mi akan mencapai basil maksimal bila guni inennliki pemahaman dan keterampilan dalam mengelola berbagai sumber belajar. Guru harus mempersiapkan skenario pembelajaran yang merangsang siswa untuk kreatif belajar dan berpikir, sehingga suasana kelas menjadi leblh hidup dan menyenangkan bagi siswa. Penggunaan swnber belajar yang bervanasi akan leblh
efektifhasilnya, bila guru memiliki keterampilan mengelolakelas dengan baik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.546875 second(s)