Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:31 WIB
Detail
BukuPENERAPAN METODE PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI PADA TOPIK JARING-JARING BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NOTRE DAME JAKARTA
Bibliografi
Author: Sumartiyah, Marsiana ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Mariana Sumartiyah's Undergraduate Theses.pdf (835.13KB; 18 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-032
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Dalam pendidikan formal peserta didik mempelajari matematika semenjak Sekolah Dasar. Salah satu materi yang dipelajari adalah penguasaan tentang
geometri. Geometri adalah cabang matematika yang mempelajari sifat-sifat, garis sudut, bidang, dan ruang. Dalam proses pembelajaran untuk menanamkan konsep tidak hanya disampaikan dengan kata-kata saja, tapi perlu dipilih metode yang tepat sehingga siswa terbantu untuk memahaminya. Pada kenyataannya berdasarkan hasil wawancara dengan guru, metode yang sering digunakan adalah ceramah dan latihan, sehingga siswa kurang memahami dengan baik onsepkonsep
geometri. Salah satu metode yang akan diterapkan untuk membantu pemahaman siswa tentang geometri dalam topik jaring-jaring bangun ruang adalah metode penemuan. Metode penemuan adalah suatu metode yang berprinsip bahwa dalam
belajar, siswa ditempatkan sebagai subjek belajar dan selama proses pembelajaran siswa mengkonstruksi/membangun pengetahuannya sendiri. Dengan menemukan sendiri siswa akan dapat memahami konsep, merasa puas, dan pengetahuan akan bertahan lebih lama dalam ingatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk membantu siswa memperdalam pengetahuan tentang geometri dengan topik jaring-jaring bangun ruang pada pembelajaran matematika yang menerapkan metode penemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Notre Dame sebanyak 31 siswa. PTK dilaksanakan melalui tiga siklus. Pada siklus pertama dan kedua topik yang dipelajari tentang berbagai macam jaringjaring
kubus dan balok. Sedangkan pada siklus ketiga menghitung luas permukaan kubus dan balok.
Dengan menerapkan metode penemuan melalui proses membuka kubus dan balok dengan cara menggunting setiap sisi atau rusuk maka siswa akan
menemukan jaring-jaring. Siswa merasa puas dan senang dapat membangun
pengetahuannya sendiri. Siswa begitu antusias dalam mengikuti seluruh proses
pembelajaran, walaupun membutuhkan waktu yang lama namun siswa tidak
merasa bosan. Dengan metode penemuan ini dapat juga membangkitkan rasa
keingintahuan siswa akan hal-hal yang baru.
Proses pembelajaran dalam metode penemuan berlangsung dalam kerja
kelompok. Hal ini juga memberikan dampak yang positif bagi siswa yaitu siswa
yang tadinya malu-malu atau takut-takut untuk bicara mulai berani bicara di depan
umum, berani mengungkapkan pendapat. Dengan kerja kelompok dapat
membangun sikap saling menghargai, membantu, berkomunikasi, dan
keterbukaan.
Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa lebih memahami
tentang konsep geometri hal ini terlihat dari hasil evaluasi belajar selain itu siswa
juga merasa senang belajar matematika.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)