Dewasa mi, banyak perusahaan yang bergerak pada industri tekstil dan produk tekstil (TPT) gulung tikar. Gencatan produk China dianggap sebagai salah sam pemicu kecenderungan yang sedang terjadi tersebut. Selain itu, kompetensi perusahaan yang buruk dianggap sebagai salah satu pemicu terjadinya ha! tersebut. Kompetensi perusahaan dapat meningkat apabila sebuah perusahaan memiliki keunggulan kompetitif dalam menjalankan usahanya. Keunggulan kompetitif dapat diperoleh melalui tiga hal, diantaranya melalui (1) pembedaan produk yang dihasilkan oleh perusahaan, (2) hargajual yang murah, ataupun me!alui (3) tanggapan yang cepat terhadap kebutuhan konsumen. Ketiga dimensi keunggulan kompetitif tersebut merupakan unsur yang penting agar dapat bertahan menghadapi era globalisasi. Perusahaan yang tidak memiliki setidaknya satu dan ketiga dimensi tersebut dipastikan akan mati seiring berjalannya waktu. Demikian sebaliknya, semakin banyak dimensi keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh suatu perusahaan, maka perusahaan tersebut akan mampu menghadapi era globalisasi, bahkan dapat menjadi pemimpin pasar. Sebagai catatan, apabila suatu perusahaan menggunakan strategi pembedaan produk, maka tidak mungkin bagi perusahaan tersebut untuk menerapkan strategi harga jual yang murah, karena kedua strategi tersebut berlawanan. Konsepnya yaitu apabila suatu perusahaan menerapkan strategi pembedaan produk dalam menjalankan bisnisnya, maka perusahaan tersebut dapat mengenakan harga jual yang tinggi terhadap produk yang dihasilkannya. Demikian juga apabila perusahaan menerapkan strategi kepemimpinan harga, maka produk yang dihasilkan perusahaan merupakan produk yang seragam. Berbeda halnya dengan strategi tanggapan yang cepat terhadap konsumen. Strategi itu dapat digabungkan dengan strategi lainnya. Jadi suatu perusahaan dapat memi!iki keunggulan kompetitif dengan cara melakukan strategi pembedaan produk saja, strategi kepemimpinan harga saja, strategi pembedaan produk dan strategi tanggapan yang cepat terhadap konsumen. Keunggulan kompetitif mutlak dimiliki oleh suatu perusahaan dalam menjalankan usahanya. Semakin banyak dimensi keunggulan kompetitif yang dimiliki o!eh suatu perusahaan, maka ha! itu berarti perusahaan tersebut akan semakin kompetitif dan akan semakin mampu menghadapi persaingan di era globalisasi seperti yang sedang dihadapi sekarang ini. Bauran pemasaran yang dimi!iki perusahaan pun perlu untuk dilihat secara seksama untuk kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats). Analisa yang selanjutnya digunakan yaitu analisa faktor-faktor lingkungan perusahaan, diantaranya yaitu ancaman persaingan segmen yang ketat, ancaman pendatang baru, ancaman produk substitusi, ancaman peningkatan kekuatan posisi tawar pembeli, dan ancaman peningkatan kekuatan posisi tawar pemasok. Melalui analisa tersebut dapat diketahui apakah dimensi keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh PT. Bhineka Karya Manungga! masih relevan dalam beberapa dekade ke depan. |