PT. Megasakti Realtindo merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelayanan building maitenace. Salah satu kliennya adalah RS.Gading Pluit yang menggunakan jasa pelayanan dibidang cleaning service. Tim manajemen cleaning service dibentuk oleh perusahaan dan dipimpin oleh manajer servis. Tim manajemen mengadakan penilaian kinerja terhadap karyawan cleaning service. Penilaian kinerja berimplikasi kepada keberlangsungan kerja, grade gaji periode kerja mendatang, dan penentuan ada atau tidaknya bonus. Penilaian kinerja yang berlaku sekarang memiliki kekurangan dari sisi : keobjektifitasan pemberian nilai, pemilihan kriteria penilaian yang kurang tepat, dan bobot kepentingan tiap kriteria dianggap sama. Mengacu kepada masalahan permasalahan tersebut, diadakan penelituan dan pengumpulan data sebagai landasan untuk merancang penilaian kinerja usulan. Untuk mengatasi pemilihan kriteria penilaian yang kurang tepat maka dalam memilih kriteria penilaian mengacu kepada literatur metode penilaian kinerja berbasis kompetensi spencer. Dengan mengacu kepada literatur maka penelitian menghasilkan 9 kriteria penilaian yang cocok untuk menilai kinerja karyawan cleaning service yaitu keinginan berprestasi, disiplin, inisiatif, keingintahuan, orientasi pada pelayanan, kontrol diri, komitmen, keyakinan diri, kerjasa ma. Untuk mengatasi masalah keobjektifitasan dalam memberikan penilaian maka ditetapakan level penilaian mulai dari 1 sampai 5, dengan tiap level disertai indikator penilaiannya. Dalam rangka menentukan bobot prioritas setiap kriteria penilaian dilakukan pembobotan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil akhir penelitian adalah berupa sistem penilaian kinerja usulan yang memiliki pedoman penilaian, flowchart penilaian, disertai bantuan program excel untuk mempermudah. |