Kecerdasan atau mteligensi merupakan aspek yang mempengaruhi siswa dalam belajar. Bagi siswa yang kecerdasan matematis-logisnya menonjol tentu tidak kesulitan dalam belajar matematika. Bagi siswa yang kecerdasan matematis-logisnya kurang tentu akan mengalami kesulitan dalarn belajar matematika, tidak bermmat, tidak bersernangat dan siswa tidak mengaasai maternatika secara baik. Berdasarkan alasan-alasan di atas maka dilakukan penelitian mengenai penggunaan Teori Inteligensi Ganda dalam pernbelajaran mateinatika pecahan bagi siswa kelas IV SD agar siswa dapat menguasai matematikapecahan dengan lebih baik. Pembelajaran berdasarkan teori inteligensi ganda dilakukan dengan menggunakan lagu, kartu domino, kartu pecahan, bendera pecahan, kertas warna, dan pita yang diterapkan dalani soal-soal pecahan. Pernhelajaran matematika adalah proses belajar inengajar pada mata pelajaran maternatika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memantapkan penguasaan matematika pecahan bagi siswa kelas IV dengan rnenggunakan Teori Inteligensi Ganda yang dilaksanakan dalam tiga sikius pembelajaran. Sebelurn sikius pertama dilaksanakan, peneliti memberikan pretest terlebih dulu dan setelah sikius ketiga dilaksanakan diadakan postest. Tujuan penetitian adalah meningkatkan penguasaan matematika pecahan siswa kelas IV dengan menggunakan leon Inteligensi Ganda. Setelah dilaksanalcan tiga sikius pembelajaran, diperoleh basil sebagai berikut: (1) Pembelajaran maternatika pecahan dengan menggunakan Teori inteligensi Ganda membantu siswa yang inteligensi matematis-logisnya kurang, menjadi lebih menguasai maternatika pecahan; (2) Pembelajaran inatematika pecahan dengan menggunakan Teori inteligensi Ganda membutuhkan lebih banyak waktu karena banyaknya aktivitas yang dilakukan siswa; (3) Siswa sangat senang, antusias, bersemangat, dan berani mencoba hal barn; (4) Pembelajaran inaternatika pecahan dengan menggunakan Teori Inteligeusi Ganda dapat berjalan dengan baik karena dipersiapkan dengan matang. Jika guru hendak menggunakan Teori Intelligensi Ganda mi dalam pembelajaran maka guru hanis memperhatikan inteligensi yang dimiliki siswa, mempersiapkan rencana pembelajaran dengan melihat kemungkinan bentuk inteligensi ganda yang dapat digunakan, media dan alat peraga yang mendukung pembelajaran, berbagai aktivitas pembelajaran yang menarik, kaya akan variasi dan guru harus menguasai pengelolaan kelas, dan guru membutuhkan Iebih banyak waktu path setiap kegiatan pembelajaran dengan inenggunakan Teori Inteligensi Ganda. |