Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:45 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Profil Values Dewasa Muda Yang Memilih Kafe Sebagai Tempat Aktivitas Nongkrong di Jakarta
Bibliografi
Author:
Adji, R. Wahyu Sasongko
;
Santosa, Eric Mulyadi
(Advisor);
Prawiro, Ferdinand
(Advisor)
Topik:
Profil Values Dewasa Muda Yang Memilih Kafe
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2006
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Wahyu Sasongko Adji's Undergraduate Theses.pdf
(298.27KB;
79 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FP-1002
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran nilai dewasa muda yang memilih aktivitas “nongkrong” di kafe. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian payung yang diadakan oleh Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya Jakarta mengenai aktivitas dan gaya hidup sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis akan menitikberatkan pembahasan pada nilainilai yang dominan pada dewasa muda yang memilih aktivitas nongkrong di kafe.Schwartz (1987) mengatakan bahwa nilai dapat dikategorikan ke dalam sepuluh nilai dasar. Kesepuluh nilai dasar tersebut antara lain adalah self-direction, stimulation,hedonism, achievement, power, security, conformity, tradition, benevolence, dan universalism. Mengacu pada teori tentang sepuluh nilai dasar yang dikemukakan Schwartz tersebut penulis ingin mengetahui nilai apa yang dianggap penting oleh para dewasa muda yang memilih “nongkrong” di kafe sebagai gaya hidup, apakah hedonism yang merupakan nilai terpenting bagi mereka ataukah ada nilai lain yang mereka rasa sangat penting. Selain itu, penulis juga ingin mengetahui aktivitas yang dominan dari dewasa muda yang memilih aktivitas “nongkrong” di kafe. Populasi yang digunakan dalam peneltian payung sosial yang diadakan oleh Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya Jakarta mengenai aktivitas dan gaya hidup sehari-hari adalah dewasa muda, untuk keperluan penelitian diambil sampel sejumlah 480 orang yang terdiri dari 120 orang mahasiswa, 120 orang mahasiswi, 120 orang karyawan, dan 120 orang karyawati yang seluruhnya termasuk ke dalam kriteria dewasa muda. Sub sampel yang diambil sebagai subyek dalam penelitian ini adalah 344 orang dewasa muda yang memilih aktivitas nongkrong di kafe. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah dengan kuesioner. Kuesioner yang digunakan adalah Valuebrands dan Activebrand Questionaire.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis memperoleh kesimpulan bahwa dimensi nilai yang dominan pada dewasa muda yang memilih aktivitas nongkrong di kafe adalah power dan achievement. Sementara itu dimensi nilai yang paling tidak dominan adalah self direction dan universalism.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.140625 second(s)