Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:15 WIB
Detail
BukuUji Reliabilitas Dan Validitas Subtes Informasi Tes Kemampuan Diferensial (TKD)
Bibliografi
Author: Namaskara, Natya Nauri ; Suryani, Angela Oktavia (Advisor)
Topik: Uji Reliabilitas Dan Validitas Subtes Informasi Tes Kemampuan Diferensial (Tkd)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Natya Nauri Namaskara's Undergraduate Theses.pdf (751.9KB; 403 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-978
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Tes informasi termasuk salah satu subtes verbal dalam tes inteligensi yang mengukur keluasan pengetahuan seseorang. Salah satu aptitude test di Indonesia yang menggunakan tes informasi adalah TKD (Tes Kemampuan Diferensial). Alat tes tersebut dikonstruk oleh Prof. Sudirgo Wibowo sebagai bahan desertasinya dan dirancang untuk kepentingan seleksi calon mahasiswa. Pada masa selanjutnya, TKD telah mengalami beberapa revisi dengan pertimbangan adanya kebutuhan untuk menambah atau mengurangi subtes-subtes yang ada serta kemutakhiran suatu informasi. Revisi-revisi yang dilakukan terhadap TKD tidak disertai laporan tertulis mengenai uji psikometri alat tes sehingga diragukan alat tes mengukur hal yang ingin diukur. Selain itu penggunaan TKD pun tidak sesuai dengan tujuan awal ketika alat tes tersebut dikonstruk.Salah satu institusi yang menggunakan TKD untuk kepentingan bisnis adalah Biro Layanan FP-UAJ.Versi yang digunakan yaitu TKD-2 dan TKD-2R.Pihak FP-UAJ pun tidak memiliki pertimbangan tertentu dalam memilih versi alat tes mana yang akan digunakan untuk klien-kliennya sehingga tidak tahu versi manakah yang lebih baik.Berdasarkan permasalahan di atas peneliti akan mengadakan uji psikometri dan uji keterkinian item-item TKD-2 dan TKD-2R. Metode yang digunakan adalah uji reliabilitas split-half, uji validitas isi sekaligus analisis kualitatif item, uji validitas item, uji validitas prediktif, dan analisis item kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dari klien-klien Biro Layanan FP-UAJ. Untuk validitas prediktif, data yang digunakan adalah nilai rapor siswa SMK Tarakanita.Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa TKD-2 dan TKD 2R memiliki belahan yang konsisten, memiliki derajat kesulitan sulit, memiliki item-item yang mengukur konstruk yang sama, namun tidak dapat memprediksi prestasi belajar siswa SMK Tarakanita karena keterbatasan jumlah sampel dan karakteristik mata pelajaran yang spesifik pada bidang tertentu.Selain itu dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa pada item-item yang banyak dijawab benar oleh esponden cendering lebih bersifat popular daripada terkini. Artinya item-item tersebut mengukur topik yang banyak terdapat di lingkungan masyarakat awam.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.390625 second(s)