Persaingan adalah hal yang pasti terjadi di dalam dunia bisnis. Dalam hal ini yang menjadi bahan penelitian adalah persaingan di dalam industri media cetak. Untuk dapat menghadapi persaingan, maka dianalisislah faktor internal dan perusahaan, yaitu faktor kekuatan dan kelemahan, juga faktor eksternal yaitu faktor peluang dan ancaman. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kesuksesan maupun kegagalan suatu perusahaan dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut. Metode yang digunakan dalam penulisan ml adalah metode deskriptif analisis. Dimana informasi yang didapat penulis dikelola secara kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT. Dengan mengacu pada analisis SWOT maka strategi bersaing yang digunakan adalah strategi modifikasi pasar (market modification), modifikasi produk (product modification), modifikasi bauran pemasaran (marketing mix modification). Dan hasil penelitian, maka dapat disimpilkan bahwa Majalah BOBO dengan menggunakan strategi modifikasi pasar, modifikasi produk, dan modifikasi bauran pemasaran dapat bertahan dalam menghadapi persaingan pada industri media cetak |