Dalam dutiia usaha yang kompetitif pada akhtr-akhir in,, setiap perusahaan dituntut untukdapat memahami kebutuhan dan keinginan konsumen agar dapat memenangkan persaingan. Salah satu kebutuhan dasar konsumen yang banyak diperjualbelikan adalah minuman, seperti minuman ringan (soft drink), minuman berenergi, minuman untuk kesehatan, minuman beralkohol, dan lain sebagainya. Dalam ha! mi penulis akan meneliti produk minuman beralkohol dengan topik “Analisis atribut — atribut pembelian bir Bintang atau bir Heineken (Studi kasus di wilayah Karet dan Bendungan Hilir, Jakarta)”. (Analysis of Bir Bintang and Bir Heineken attribute’s according to purchasing decision (Case Study at Karet and Bendungan Hi/jr Area, Jakarta)) Dalam mengumpulkan data, penulis menyebarkari 100 kuesioner kepada responden yang tinggal di wilayah Karet dan Bendungan Hilir dengan menggunakan metode purposive sampling. Adapun penyebaran kuesioner dilakukan pada tanggal 24 — 25 November 2005. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan mean score dan overal mean score ( MS dan OMS). Dan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa rasa adalah atribut yang paling berpengaruh dalam keputusan pembelian suatu bir dan responden Iebih memilih bir Heineken. |