Penulis melaksanakan praktik magang di PT Primatama Nusa Inclah, yaitu sebuah perusahaan pengelola pusat perbelanjaan, The Plaza Sernanggi. Penulis mernilih untuk melaksanakan praktik magang sebagai salah satu - prasyarat kelulusannya karena beberapa alasan, antara lain ingin rnendapatkan pengalaman bekerja dan mengetahui bagaimana sesungguhnya suatu pusat perbelanjaan dikelola. Selama praktik magang, penulis ditempatkan di departemen Sumber Daya Manusia (SDM). Penulis diberikan tugas oleh mentor untuk mengurus hal-hal yang terutama berhubungan dengan pelatihan karyawan, antara lain mempelajari perencanaan dan evaluasi pelatihan, mendata peserta pelatihan, dan mengikuti pameran bursa kerja. Untuk mendapatkan SDM yang berkualitas dan memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan, diperlukan suatu pelatihan karyawan yang berkesinambungan. Pelatihan karyawan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Pelatihan karyawan PT Primatama Nusa Indah terbagi menjadi 2 jenis, yaitu pelatihan internal dan pelatihan eksternal. Salah satu faktor penentu jenis pelatihan adalah jenis keahlian yang dituntut perusahaan dan karyawan. Setiap karyawan mendapatkan pelatihan rata-rata sebanyak 20 jam per tahun. Tema untuk pelatihan karyawan pada suatu tahun ditentukan berdasarkan rapat manajemen. Tujuannya adalah agar pelatihan dapat menunjang strategi dan tujuan perusahan secara keselumhan. Untuk menilai efektifitas dan suatu pelatihan, senantiasa diadakan evaluasi dan tindak lanjut dalam jangka waktu 3 bulan setelah pelatihan selesai dilaksanakan. Secara keseluruhan, pelatihan karyawan di PT Primatama Nusa Indah telah berjalan dengan baik. Namun, sebaiknya Human Resource Information System perusahaan lebih ditingkatkan lagi agar dapat memberikan infonmasi atau data yang diperlukan oleh departemen SDM dengan lebih cepat dan akurat, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi perusahaan. viii |