praktik magang dilaksanakan penulis di PT kusuma Megahperdana, yaitu sebuah perusahaan yang memproduksi barang promosi, dan praktik magang ini dilakukan selama seratus lima puluh jam kerja (tujuh belas han). Pada perusahaan mi penulis ditempatkan pada divisi Marketing dan bertugas untuk membantu Asisten Marketing Director dalam menjalankan tugasnya. Selama melaksanakan praktik magang, penulis menemukan ada banyak hal yang sesuai dengan teoni yang didapat di bangku kuliah, seperti usaha pemenuhan këbutuhan para klien, kebijakan menetapkan harga, membangun brand image yang baik, hubungan yang baik dengan klien., hubungan yang baik dengan supplier, dan pemberlakuan sistem follow up. Akan tetapi, ada pula hal-hal yang tidak sesuai dengan teoni yang diajarkan pada penulis, seperti kinerja divisi sourcing yang tidak efektif~penggunaan teknologi yang belum maksimal, hubungan antara pimpinan dan karyawan perusahaan yang berjalan kurang baik, ketidakfokusan perusahaan akan pasar, dan analisis yang kurang menyelumh akan perusahaan-perusahaan pesaing. |