Kondisi dari sistem transportasi di Indonesia dianggap bagi sebagian masyarakat kurang memberikan rasa aman dan nyaman, oleh karenanya sebagian masyarakat lebih memilih untuk mengunakan kendaraan pribadi untuk mendukung kegiatan mereka sehari-hari. Hal ini memberikan peluang yang sangat menjanjikan bagi produsen otomotif di Indonesia untuk berkembang dengan pesat. Dengan semakin banyaknya produk otomotif yang dijual di pasar pada saat ini serta didukung oleh adanya perkembangan tehnologi informasi, maka dapat dikatakan bahwa kondisi persaingan dalam industri otomotif di Indonesia berlangsung sangat ketat yang menuntut para produsen otomotif agar dapat mengidentifikasi secara cermat atribut-atribut apa saja yang mendasari pilihan konsumen terhadap suatu mobil. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan judul : Analisis Pilihan Konsumen terhadap mobil Avanza atau Xenia. Data dikumpulkan dengan cara membagikan 100 kuisioner kepada komunitas Avanza-Xenia di Hang-Lekir, Jakarta Selatan dari tanggal 21–23 April 2006, dengan menggunakan metode simple random sampling. Atributatribut yang diteliti adalah desain eksterior, desain interior, variasi tipe mobil yang ditawarkan, kualitas, harga, layanan purna jual, promosi dan distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden lebih memilih Avanza dibandingkan Xenia dan atribut yang paling dominan dalam mempengaruhi konsumen untuk memilih Avanza adalah desain eksterior, sedangkan atribut yang paling dominan dalam mempengaruhi konsumen untuk memilih Xenia adalah harga. |