Kebutuhan akan alat pembayaran transaksi jual beli barang atau jasa yang praktis seperti kartu kredit di masa sekarang sangatlah penting. Untuk itu perlu dicermati media promosi penjualan pribadi (personal selling) yang paling mempengaruhi jumlah permintaan kartu kredit. Dengan begitu dirasakan perlu melakukan perbandingan antara biaya yang dikeluarkan selama kegiatan promosi seperti melakukan perbandingan antara biaya mall promo dan biaya open table. Data diperoleh dari PT Anugrah Mandiri Sejahtera yaitu berupa laporan penjualan, biaya promosi mall promo dan open table dari tahun 2003-2004. Periode waktu pengumpulan dan penelitian data primer dilakukan dari tanggal 5 Juni 2005 sampai dengan 5 Juli 2005. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, korelasi parsial dan koefisien determinasi (R Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu faktor yang menentukan PT Anugrah Mandiri Sejahtera memilih mall promo dan open table sebagai media promosi dalam memasarkan kartu kredit adalah konsumen yang bisa disasar cukup luas. Sementara media promosi penjualan pribadi (personal selling) yang paling mempengaruhi peningkatan jumlah permintaan kartu kredit pada PT Anugrah Mandiri Sejahtera adalah mall promo, dengan koefisien korelasi yang didapat adalah 0,940. |