Dalam situasi yang mega kompetitif dan dinamis ini sangatlah perlu untuk mencermati perubahan-perubahan pada komponen pemasaran. Oleh karena itu, para pemasar harus dapat menciptakan suatu diferensiasi produk agar dapat dibedakan dengan lebih jelas dan tepat oleh konsumen. Salah satu cara melakukan diferensiasi terhadap produk atau jasa kepada konsumen, yaitu dengan menggunakan pemasaran eksperiensial. Dengan pendekatan ini dicoba untuk menyentuh panca indera konsumen, menyentuh hati, dan merangsang pikiran konsumen. Dalam tulisan ini diteliti korelasi pemasaran eksperiensial dengan loyalitas merek BreadTalk. Dalam rangka memperoleh data yang diperlukan, penulis menyebarkan kuesioner kepada 100 konsumen Breadtalk yang dipilih melalui convenience sampling pada pertengahan Desember 2005. Dalam penelitian ini digunakan analisis deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa atribut pemasaran eksperiensial yang paling mendominasi Breadtalk adalah aroma roti. Sedangkan pemasaran eksperiensial berkorelasi positif dan signifikan terhadap loyalitas merek Breadtalk. Atas hasil penelitian tersebut penulis memberikan saran agar diberikan penambahan kasir di tiap-tiap toko Breadtalk pada akhir pekan yang biasanya cenderung lebih ramai. Selain itu Manajer Toko sebaiknya meningkatkan kualitas pelayanan karyawannya |