Sebuah perusahaan tidak hanya dilihat dari kekuatan finansialnya saja, tapi juga dari segi dampak dan perilakunya terhadap masyarakat sekitar, yang terwujud dalam tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility). Dan salah satu akibat dan diterapkannya tanggung jawab sosial perusahaan adalah peningkatan citra perusahaan (corporate image) itu sendiri. Dengan mengambil contoh pada PT. Monica Hijau Lestari sebagai pemegang licence The Body Shop di Indonesia, penulis tertarik untuk membahas permasalahan tersebut dengan topik: “ Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Dunia Bisnis dan Pengaruhnya Terhadap Citra Perusahaan The Body Shop”.Dalam melakukan penelitian, peneliti mengumpulkan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner kepada 100 warga perumahan ciputat baru, tangerang. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan teknik sampling aksidental. Periode penyebaran kuesioner mulai tanggal 12 — 10 November 2006. Adapun metode pengolahan data yang digunakan setelah hasil kuesioner yang bersifat kualitatif diubah dalam bentuk kuantitatif yang kemudian diukur dengan menggunakan skala Iikert, dan dihitung dengan menggunakan program SPSS 12.0 for windows, adalah uji Korelasi menggunakan Pearson Product Moment, dan uji regresi linier sederhana, setelah melalui uji reliabilitas (alpha cronbach) terhadap soal-soal yang ada di dalam kuesioner. Dan kedua metode tersebut didapat hasil, korelasi Pearson Product Moment adalah sebesar rp= 0,655, yang artinya terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara tanggung jawab sosial perusahaan dengan citra perusahaan. Pedoman untuk melihat tingkat hubungan kedua variabel tersebut dapat dilihat pada tabel 4.34. Dan hasil uji regresi linier sederhana didapat hasil R = 0,655 yang artinya pengaruh yang diberikan oleh variabel independen yang dalam penelitian mi adalah tanggung jawab sosial terhadap variabel dependen yaitu citra perusahaan sebesar 42,90 %. Dimana persamaan garis regresi menggunakan metode kuadrat terkecil (least squares method) yang didapat adalah y= 11,808 + 0,540x.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkah bahwa pengaruh penerapan tanggung jawab sosial perusahaan dalam dunia bisnis yang dijalankan oleh The Body Shop memiliki pengaruh positif terhadap citra perusahaan. |