Setiap orang butuh untuk berkomunikasi. Handphone adalah salah satu alat yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Dan saat mi, setiap orang dan berbagai golongan ekonomi bisa saja memiliki handphone karena tiap produsen handphone saling berlomba menaw~rkan handphone produksinya beserta kelebihannya masing-masing dengan kisaran harga yang bervariasi. Akhirnya, konsumen akan dihadapkan pada situasi untuk memilih dan berbagai merek handphone yang ada, mana yang paling memenuhi kebutuhan mereka. Dan paparan diatas, penulis melakukan penelitian dengan topik : “Analisis Pilihan Konsumen Terhadap Handphone Merek Samsung dan Sony Ericsson.” Untuk menganahsis data, digunakan perhitungan MS, OMS dan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon untuk mengetahui pilihan konsumen. Penelitian mi menyimpulkan bahwa responden lebih memilih handphone merek Sony Ericsson dibanding handphone merek Samsung. Adapun atributatribut yang menjadi pertimbangan responden dalam memilih handphone Sony Ericsson adalah fitur, kemudahan didapatkan, model, kualitas, harga, kemudahan digunakan dan promosi. Sedangkan atribut yang menjadi pertimbangan dalam memilih handphone merek Samsung adalah kemudahan didapatkan, baterai, fitur, kualitas, promosi, dan model. |