Anda belum login :: 27 Nov 2024 14:58 WIB
Detail
BukuPERSEPSI SISWA KELAS XI TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMA CHARITAS JAKARTA SELATAN
Bibliografi
Author: Agustina, Laura ; Widjaja, Anny E. L. (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Laura Agustina's Undergraduated Theses.pdf (371.93KB; 35 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-332
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Persepsi merupakan proses penerimaan rangsang yang ditangkap melalui
kelima indera manusia sampai rangsang itu disadari dan dimengerti oleh manusia.
Bimbingan Kelompok merupakan layanan bimbingan yang diberikan oleh guru BK
dalam suasana kelompok. Tujuan diberikannya layanan ini adalah untuk memberikan
informasi dan membantu siswa menyelesaikan masalah pribadi dan belajar. Metode
bimbingan kelompok adalah cara-cara bagaimana kegiatan bimbingan kelompok
dilaksanakan. Metode bukan merupakan tujuan tetapi hanya merupakan alat untuk
mencapai tujuan bimbingan kelompok.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap layanan
bimbingan kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Charitas
Jakarta Selatan tahun ajaran 2005/2006. Subjek penelitian ini 73 siswa, terdiri dari 26
siswa kelas XI IPS 1, 26 siswa XI IPS 2, dan 21 siswa IPA. Metode yang digunakan
adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Instrumen yang digunakan adalah skala penilaian. Data yang dikumpulkan
kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 13.0. dari 90 pernyataan yang
dilakukan ujicoba terpakai diperoleh 56 pernyataan yang valid, pernyataan tersebut
dinyatakan valid karena r-hitung memiliki koefisien korelasi lebih besar dari r-tabel
0,277dengan taraf signifikan 5% dan reliabilitas alpha diperoleh sebesar 0,927.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMA Charitas
berpersepsi positif terhadap layanan bimbingan kelompok yang diberikan oleh guru
BK di kelas. Siswa berpersepsi positif terhadap masing-masing komponen layanan
bimbingan kelompok, yaitu komponen metode, materi dan manfaat. Hal ini berarti
siswa dapat menerima dengan baik layanan bimbingan kelompok di kelas.
Saran untuk Kepala Sekolah SMA Charitas Jakarta Selatan diharapkan agar
mempertahankan program bimbingan khususnya bimbingan kelompok dan
menyediakan, melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam kegiatan
bimbingan kelompok. Diharapkan untuk guru BK SMA Charitas Jakarta Selatan agar
terus meningkatkan kualitas kinerja, menggunakan metode yang bervariasi sesuai
dengan materi yang disampaikan, dan mengadakan evaluasi setelah kegiatan
bimbingan kelompok berlangsung untuk mengetahui respon siswa mengenai kegiatan
bimbingan kelompok.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)