Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:46 WIB
Detail
BukuPenerimaan Diri Tiga Siswa SMALB/B Pangudi Luhur Kebun Jeruk Jakarta Barat
Bibliografi
Author: Sianipar, Resida ; Trihastuti, Maria Claudia Wahyu (Advisor); Wanei, Gerda K. (Advisor)
Topik: PENERIMAAN DIRI SISWA SMALB/B
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Resida Sianipar's Undergraduate Theses.pdf (1.07MB; 94 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-310
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penerimaan diri adalah suatu sikap remaja yang menunjukkan adanya kesadaran dan pengakuan terhadap kelebihan-kelebihannya sekaligus menerima kelemahan-kelemahannya tanpa keluhan dan mempunyai keinginan yang terus menerus untuk mengembangkan diri.
Remaja (adolescence) adalah individu yang mengalami perkembangan transisi dari anak-anak ke masa dewasa yang mengalami suatu perubahan dalam hidupnya baik secara fisik, kognitif, emosional, dan sosial. Salah satu karakteristik remaja adalah masa pencarian identitas diri dan kebingungan identitas (identity vs identitiy confusion). Remaja yang memiliki penerimaan diri yang baik, nampak dari adanya pemahaman tentang diri sendiri, harapan yang realistik, dukungan dan sikap sosial dari lingkungan, situasi emosional, keberhasilan yang dialami, identifikasi diri, pola asuh dan konsep diri yang stabil.
Tunarungu adalah kekurangan atau kehilangan kemampuan pendengaran yang mengakibatkan hambatan dalam perkembangan bahasa. Secara fisik sulit membedakan anak tunarungu dengan anak yang normal. Anak tunarungu bisa diketahui setelah mereka berbicara atau berkomunikasi.
Subjek penelitian ini sebanyak tiga siswa Sekolah Menengah Atas luar Biasa bagian B (SMALB/B). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara lebih mendalam tentang penerimaan diri remaja tunarungu. Metode penelitian adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam terhadap ketiga kasus tersebut. Data penelitian ini diolah dengan teknik analisis data kualitatif yaitu dengan triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kriteria penerimaan diri yang telah dimiliki dan belum dimiliki oleh subjek peneliti. Dari kesembilan kriteria penerimaan diri yang belum dimiliki subjek penelitian adalah harapan yang realistik dan pola asuh orangtua, sedangkan kriteria penerimaan diri yang sudah dimiliki adalah pemahaman mengenai diri dan identifikasi diri.Saran yang dapat disampaikan kepada pihak sekolah SMALB/B Pangudi Luhur adalah mengadakan pembinaan kepada orangtua melalui aktivitas Family Gathering, Parents Day sehingga kerjasama dengan orangtua dapat ditingkatkan dalam membimbing dan memberikan dukungan edukatif kepada siswa untuk dapat mengatasi kekurangannya dan melihat kelebihan yang ada pada dirinya agar mampu menerima dirinya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (real self).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)