Remaja berarti masa peralihan dari masa anak ke masa dewasa, meliputi semua perkembangan yang dialami sebagai persiapan memasuki usia dewasa. Penyesuaian sosial dapat diartikan kemampuan manusia untuk dapat menyesuaikan diri dengan orang lain dan kelompok di sekitarnya dengan cara mematuhi norma-norma dan peraturan sosial kemasyarakatan. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penyesuaian sosial siswa-siswi kelas VIII di SMP Santa Maria serta memberikan saran-saran bagi pihak sekolah yang dapat berguna bagi perkembangan penyesuaian sosial siswa-siswi SMP Santa Maria. Pada pengumpulan data, 50 orang dipakai sebagai uji coba dan 105 orang dipakai sebagai data penelitian dari jumlah total 159 siswa kelas VIII. Teknik sampling yang digunakan ialah cluster random sampling dan variabel yang diukur adalah penyesuaian sosial siswa-siswi kelas VIII. Peneliti menggunakan kuesioner yang berupa skala penilaian. Untuk sistem penskoran yang objektif, peneliti menggunakan lima alternatif pemilihan jawaban atas pernyataan yang dicantumkan dalam kuesioner. Butir-butir pernyataan ini dibuat berdasarkan kriteria penyesuaian sosial yang baik dengan indikator-indikator: penampilan nyata, penyesuaian ke berbagai kelompok, sikap sosial dan kepuasan pribadi. Format disusun peneliti karena tidak ada instrumen yang baku, maka sebelum digunakan untuk pengumpulan data harus diujicobakan dulu. diperoleh hasil validitas item instrumen yang terdiri dari 40 butir pernyataan dengan skala penyesuaian sosial yang berjumlah 19 item dengan nilai validitas antara 0,284 sampai 0,467 sedangkan 21 item dibuang karena nilai validitasnya berdasarkan kritik nilai r product moment lebih rendah dari 0,279. Dari 21 item yang tidak valid, 6 item diperbaiki kembali penyusunan kalimatnya dan dilakukan uji coba ulang. Adapun alasan perbaikan pernyataan yang tidak valid dilakukan uji ulang sehingga dapat mewakili indikator variabel yang akan diteliti. Hasil yang diperoleh dari uji coba ke 2 diperoleh nilai validitas antara 0,111 sampai 0,482 sebanyak 26 butir pernyataan. Nilai reliabilitas instrumen penelitian diperoleh dengan nilai 0, 759. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penyesuaian sosial pada siswa-siswi kelas VIII SMP Santa Maria yang telah dilakukan diperoleh hasil 78 siswa (74,29%) memiliki tingkat penyesuaian sosial sedang dan 26 siswa (24,76%) memiliki tingkat penyesuaian sosial rendah. Oleh karena itu dapat disimpulkan hasil secara keseluruhan menunjukkan bahwa siswa SMP Santa Maria kelas VIII memiliki tingkat penyesuaian sosial yang sedang cenderung rendah. Sedangkan jika ditelaah berdasarkan komponen penyesuaian sosial maka diperoleh gambaran, yang memiliki skor dan presentase tinggi terdapat pada komponen sikap sosial dengan skor 2031 (27,89%); skor dan presentase sedang terdapat pada komponen penampilan nyata dengan skor 1955 (26,84%) dan kepuasan pribadi dengan skor 1954 (26,83%); skor dan presentase paling rendah adalah komponen penyesuaian ke berbagai kelompok dengan total skor 1343 (18,44%). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka disarankan agar siswa-siswi kelas VIII SMP Santa Maria agar terlibat dalam berbagai kegiatan di sekolah maupun luar sekolah serta mau membuka diri kepada pihak sekolah mengenai berbagai permasalahan yang dihadapinya. |