Anda belum login :: 24 Nov 2024 07:39 WIB
Detail
BukuTinjauan Penerapan Komunikasi Kepemimpinan di PT Martina Berto
Bibliografi
Author: Yunita, Wieke ; Sarinastiti, Nia (Advisor)
Topik: Komunikasi Kepemimpinan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Wieke Yunita's Undergraduate Theses.pdf (718.9KB; 169 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1365
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Komunikasi merupakan kebutuhan penting dalam tercapainya tujuan organisasi. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka setiap pekerjaan karyawan dapat terkoordinasi dengan baik. Komunikasi juga diperlukan untuk menyampaikan informasi, mengemukakan gagasan, pandangan dan perasaan, di mana hal ini bertujuan untuk membangun dan mengembangkan organisasi. Dengan demikian, komunikasi keorganisasian memberi dampak pada komunikasi yang berjalan dengan baik, lancar dan efektif di dalam organisasi. Oleh karena itu, salah satu bentuk komunikasi keorganisasian yang mendukung adalah komunikasi antara pimpinan dan karyawan. Kepemimpinan merupakan interaksi antara pemimpin dengan mereka yang dipimpin untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Seorang pemimpin tidak dapat berdiri sendiri, dia harus melakukan hubungan kerjasama dengan orang lain, sehingga seorang pemimpin perlu menjadi seorang pembimbing, pengarah, penghubung, maupun pengendali pada masa transisi bagi para bawahannya.Bila komunikasi kepemimpinan antara pimpinan dengan bawahan dapat menghasilkan dampak positif, maka dapat mendorong semangat kerja yang dapat mendukung pencapaian tujuan perusahaan serta mencapai suatu kinerja yang tinggi. Oleh karena itu, komunikasi kepemimpinan antara pimpinan dan bawahan yang harmonis dan efektif dalam suatu perusahaan perlu diperhatikan karena merupakan salah satu faktor penting yang dapat mendukung kesuksesan pencapaian tujuan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah PT Martina Berto menerapkan komunikasi kepemimpinan terutama yang berkaitan dengan peran pemimpin sebagai pembimbing, pengarah, penghubung, dan pengendali pada masa transisi sebagai upaya untuk mencapai kinerja yang tinggi atau tidak.Penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan, dengan melakukan diskusi kelompok terfokus terhadap delapan orang para bawahan langsung dari pimpinan PT Martina Berto yakni perwakilan dari tiap divisi yang dipimpinnya dan wawancara terstruktur maupun tidak terstruktur dengan Executive Commitee PT Martina Berto sebagai metode dalam verifikasi keabsahan data yang telah diberikan oleh para karyawan. Penelitian ini penulis lakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik sampling purposif. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan teknik analisis rangkaian (the analysis continuum), hal ini berarti data yang diperoleh penulis dari kelompok diskusi terfokus akan penulis analisa dengan mencoba menginterpretasikan makna dari pernyataan, komentar, maupun jawaban yang diberikan oleh peserta diskusi.Dari analisa mengenai data-data yang telah diperoleh dari para narasumber dan verifikasi terhadap Executive Commitee PT Martina Berto, diperoleh gambaran bahwa antara teori-teori yang penulis kemukakan di dalam BAB II mengenai komunikasi kepemimpinan, dan kenyataan di lapangan memiliki sinergi ataupun hubungan yang berbanding lurus, sehingga dapat dikatakan teori tersebut terbukti. Hasilnya, komunikasi kepemimpinan di PT Martina Berto telah berjalan sesuai dengan teori yang ada, hanya beberapa kasus saja yang dalam pelaksanaannya berbeda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan komunikasi kepemimpinan yang terjadi di PT Martina Berto telah berjalan dengan baik, pimpinan sudah bertindak sebagai pembimbing, khususnya sebagai pengarah, penghubung, dan pengendali pada masa transisi bagi para bawahannya. Karyawannya pun merasa dihargai oleh pimpinannya, sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai dan dapat mencapai suatu kinerja yang tinggi. Saran-saran secara keseluruhan dari hasil penelitian penulis adalah agar hal-hal positif dari komunikasi kepemimpinan di PT Martina Berto dapat terus ditingkatkan, sedangkan yang masih kurang agar dapat diperbaiki sehingga proses kerja dapat berjalan lebih baik lagi, dan tujuan yang diinginkan dapat tercapai.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Sudah dikoreksi  
Ditulis oleh: Stevanus Adriyanto
Pada tanggal: 06-08-2010 11:05

Maaf atas kesalahan input data, sudah kami perbaiki.
Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya



Advisor salah  
Ditulis oleh: Mahasiswa
Pada tanggal: 06-08-2010 10:36

Maaf, tapi advisor dari Wieke Yunita adalah Dr. Nia Sarinastiti. Mohon dicek kembali
Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.203125 second(s)