Anda belum login :: 23 Nov 2024 07:04 WIB
Detail
BukuEvaluasi Penerapan Strategi Komunikasi Public Relations Dalam Mempertahankan Khalayak Pendengarnya
Bibliografi
Author: Nugroho, A.Y. Agung (Advisor); Prasanti, Agatha Nuri
Topik: Public Relations; Radio Siaran; Pendapat Pendengar
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Agatha Nuri Prsanti's Undergraduate Theses.pdf (538.5KB; 146 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1371
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Radio siaran sebagai salah satu media komunikasi merupakan media massa elektronik tertua dan sangat luwes. Radio siaran memiliki keunggulan dapat dinikmati dimana saja serta menyajikan berbagai macam informasi, berita dan musik guna menambah pengetahuan dan juga berfungsi sebagai sarana hiburan. Dewasa ini banyak bermunculan stasiun radio siaran yang menyajikan beragam acara menarik, yang mengakibatkan munculnya persaingan antar stasiun radio siaran, khususnya dalam memperebutkan perhatian pendengarnya. Setiap radio siaran tentu mengharapkan agar acara yang diajikannya mendapat perhatian penuh dari khalayak pendengarnya. Hal ini membuat para pengelola stasiun radio siaran berusaha menyajikan beragam acara menarik yang digemari oleh pendengar. Untuk memuaskan pendengarnya, pengelola stasiun radio siaran harus mengembangkan strategi komunikasi yang tepat dan efektif, salah satunya dengan memberikan perhatian pada strategi komunikasi yang dilakukan oleh Public Relations. Kegiatan komunikasi Public Relations menjadi penting sebagai jembatan antara stasiun radio dengan khalayak pendengarnya. Public Relations harus mampu melakukan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan komunikasi yang saling menguntungkan dengan pendengarnya. Kebutuhan dan keinginan pendengar radio siaran perlu diperhatikan karena bila terpuaskan kebutuhan dan keinginannya akan siaran musik atau siaran berita di radio, mereka akan memberikan perhatian penuh dan mempunyai minat yang besar, yang tentunya akan memunculkan loyalitas dari khalayak pendengar. Hal tersebut akan menjadi umpan balik bagi praktisi Public Relations untuk mengetahui keberhasilan strategi komunikasi yang diterapkannya.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi dan implementasi strategi komunikasi Public Relations dalam mempertahankan khalayak pendengarnya, serta untuk mengetahui keberhasilan implementasi strategi komunikasi tersebut berdasarkan pendapat pendengar.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif agar penelitian dapat menggambarkan dengan jelas mengenai strategi dan impelementasi strategi Public Relations dan juga mengetahui pendapat pendengarnya mengenai implementasi strategi tersebut yang dilakukan melalui wawancara.Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa strategi dan implementasi strategi Public Relations dilakukan melalui tahap-tahap yang sesuai dengan teori yang digunakan. Penilaian pendengar terhadap implementasi strategi komunikasi Public Relations tersebut secara keseluruhan dapat dikatakan baik. Pendengar tidak mengalami gangguan dalam penyampaian informasi yang diberikan oleh Public Relations berkaitan dengan program/event yang diselenggarakan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)