Konsep experiential marketing mulai membumi pada dunia pemasaran yang kini telah banyak diterapkan oleh perusahaan, yaitu dengan menambahkan unsur experience terhadap produknya. BreadTalk adalah salah satu perusahaan di industri bakery yang menerapkan konsep ini. BreadTalk hadir dengan tampilan produk yang menciptakan experience bagi konsumennya dengan merangsang panca indera (sense), perasaan atau emosi (feel), pikiran (think), tindakan (act), dan upaya konsumen menghubungkan merek dengan dirinya (relate). Sebuah merek produk yang memberikan pengalaman bagi konsumen secara kreatif akan dapat meningkatkan loyalitas merek. Pembentukkan loyalitas membutuhkan sebuah ikatan emosional antara konsumen dengan perusahaan. Ikatan emosional tersebut terbentuk melalui pengalaman unik yang dirasakan oleh konsumen terhadap produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen terhadap penerapan experiential marketing pada BreadTalk Plaza Semanggi dan seberapa besar pengaruh customer experience terhadap loyalitas merek pada konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan bentuk hubungan kausal. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada 100 responden dan dengan menggunakan skala Likert serta analisa korelasi dan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa customer experience berpengaruh positif terhadap loyalitas merek. Penerapan experiential marketing pada BreadTalk melalui implementasi kelima unsur, yaitu sense, feel, think, act, dan relate berhasil menciptakan pengalaman bagi konsumen dan ternyata unsur think dan act yang paling dominan pengaruhnya terhadap loyalitas merek pada konsumen. |