Globalisasi yang terjadi saat ini mengakibatkan persaingan bisnis semakin ketat. Salah satu bisnis yang berkembang cukup pesat adalah dalam bisnis franchise pada bidang makanan. Banyak sekali terdapat bisnis franchise makanan yang berasal dari luar negeri pada pasar domestik Indonesia atau pada pasar dalam negeri. Persaingan bisnis yang terjadi ini merupakan suatu tantangan bagi para pengusaha dalam negeri untuk lebih kreatif dan lebih kompetitif lagi menghadapi para pesaing asing tersebut. Selain itu, globalisasi ini juga membuka peluang bagi para pengusaha lokal untuk mengembangkan dan meluaskan pangsa pasarnya, tidak hanya pada pasar dalam negeri, tetapi hingga pada pasar luar negeri atau go-international. Hal ini sudah berhasil dibuktikan oleh Es Teler 77, yang merupakan salah satu bisnis franchise makanan yang telah sukses di pasar domestik Indonesia, dan telah berhasil mengembangkan usahanya hingga pada pasar luar negeri, yakni Singapura, Australia, dan Malaysia. Oleh karena itu, penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk menganalisa perbandingan sistem franchise yang dijalankan oleh Es Teler 77 pada pasar dalam negeri Indonesia dengan pada pasar luar negeri atau international. Analisa perbandingan tersebut berdasar pada beberapa rumusan masalah, yaitu: strategi-strategi yang dijalankan oleh Es Teler 77, kemudian tahapan pengoperasian Es Teler 77, dan terakhir berbagai hambatan yang muncul didalam melaksanakan keseluruhan proses tersebut. Adapun metodologi yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah eksploratif kualitatif. Dimana peneliti berusaha untuk menggali secara detail berbagai data dan informasi dari lapangan, untuk kemudian dijabarkan secara jelas dan lengkap hasil analisa data dan berbagai informasi tersebut. Teknik pengumpulan data primer dilakukan peneliti dengan wawancara tidak terstruktur, dan untuk data sekunder melalui studi kepustakaan. Melalui berbagai wawancara dengan para narasumber terkait, peneliti dapat memperoleh data yang lengkap serta dapat membantu menjelaskan secara detail dan memahami hal-hal yang lebih mendalam. Setelah melakukan analisa data, diperoleh beberapa strategi yang menjadi dasar bagi Es Teler 77 didalam menjalankan usahanya. Yaitu mencari daerah berpeluang serta menentukan lokasi yang tepat, baik pada pasar dalam negeri dan luar negeri. Kemudian mencari franchisee yang benar, mencari master franchise untuk mengembangkan Es Teler 77 pada pasar luar negeri. Selain itu juga dilakukan penyesuaian Es Teler 77 pada pasar luar negeri. Untuk tahap-tahap pengoperasian, dilakukan Es Teler 77 dari perencanaan lokasi dan pemilihan calon franchisee berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan. Setelah itu masuk pada tahap pelaksanaan, yakni mendesain ruangan, proses pembangunan outlet dan penyediaan berbagai peralatan, terakhir adalah penempatan para karyawan. Apabila semua telah lengkap tersedia maka outlet Es Teler 77 dapat mulai beroperasi. Kemudian untuk tahap pengawasan dan pengevaluasian seluruh outlet Es Teler 77 yang ada dilakukan langsung oleh pihak pusat sebagai franchisor. Kemudian berbagai hambatan yang dihadapi oleh Es Teler 77 pada pasar dalam negeri ada yang berasal dari pihak franchisee, sumber daya manusia, dan segi transportasi. Sedangkan untuk Es Teler 77 pada pasar luar negeri hambatan utama adalah perihal legalitas dari negara tersebut. |