Lingkungan toko adalah suatu faktor penting bagi pusat perbelanjaan untuk dapat membuat konsumen merasa tertarik untuk datang berkunjung dan nyaman dalam berbelanja. Pengaturan toko yang sedemikian rupa, tentunya dapat menarik perhatian pngunjung dan memberikan kesan yang positif maupun negatif terhadap suatu pusat perbelanjaan. Penelitian yang dilakukan penulis saat ini untuk mengetahui bagaimana tanggapan para pengunjung plaza e’X terhadap lingkungan toko plaza e’X sehingga dapat memberikan rangsangan dan daya tarik tersendiri. Dan juga untuk mengetahui pengaruh faktor lingkungan tersebut terhadap perilaku pembelian konsumen. Penelitian saat ini merupakan pengembangan dari hasil penelitian oleh Elaine Sherman, Anil Mathar, dan Ruth Belh Smith dari Amerika pada tahun 1997 yang menyatakan bahwa keadaan emosi memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap perilaku belanja dalam sebuah toko ritel di dalam suatu pusat perbelanjaan. Sedangkan pengembangan yang dilakukan penulis adalah menggunakan teori yang ada untuk meneliti pengaruh emosi yang dibentuk oleh lingkungan toko terhadap perilaku belanja dalam sebuah pusat perbelanjaan ( Shopping Center ). Penelitian dilakuakan secara random dan non-random dengan teknik pengambilan sampel secara kebetulan ( accidental sampling ), terhadap 100 orang responden. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa lingkungan toko memiliki pengaruh terhadap keadaan emosi konsumen yang akhirnya berpengaruh terhadap perilaku belanja konsumen. Dari hasil analisis korelasi Pearson Product Moment dan Regresi Linear dari hasil perhitungan program SPSS diketahui bahwa variabel citra toko memiliki hubungan yang kuat terhadap keadaan emosi konsumen dan perilaku belanja konsumen. Serta diketahui bahwa keadaan emosi juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap perilaku belanja konsumen. |