Ada beberapa faktor pembanding yang membuat masyarakat sekarang tetap senang berbetanja di pasar tradisional dan tidak menutup kemungkinan pula bahwa masyarakat juga senang berbelanja di pasar modern. Sehubungan dengan hat itu maka penulis melakukan penelitian untuk mengetahui perbandingan sikap konsumen dalam memilih pasar tradisional dan pasar modern. Dalam mengumpulkan data, penulis menyebarkan 100 kuesioner secara acak kepada ibu-ibu rumah tangga di Komplek Perumahan Agung Podomoro Group Sunter Jakarta Utara. Metode yang digunakan adalah Analisis Frekuensi dan Uji-t berpasangan. Atribut-atribut yang dianalisis adalah Place (tempat parkir, kemudahan mencapai lokasi, kebersihan dan kenyamanan), Product (kelengkapan barang, mutu barang dan tata letak barang), Price (kegiatan tawar-menawar dan relatif murah), Seivice (keramahan penjual, kecepatan penjual dalam melayani dan keamanan). Setetah dilakukan analisis perbandingan, maka didapat kesimputan bahwa dan semua atribut yang diteliti terdapat perbedaan antara PD Pasar Jaya Sunter dengan Hero Supermarket Sunter, hanya atribut kemudahan mencapai lokasi yang tidak memiliki perbedaan karena lokasi pemukiman yang dijadikan objek penelitian dekat dengan kedua pasar tersebut |