PT. Gramido merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri sepatu dan sandal, khusus sandal pria dengan beragam model. Masalah yang dihadapi adalah pada saat ini pihak perusahaan belum memiliki suatu parameter yang pasti dalam pengambilan keputusan menyangkut berapa jumlah masing- masing jenis produk (product mix) yang akan dibuat pada satu periode tertentu agar tercapai throughput (keuntungan) dan derajat kepuasan (degree of satisfaction ) yang optimum, dengan kondisi sumber daya perusahaan yang terbatas.Dalam dunia industri nyata, untuk memodelkan permasalahan perusahaan secara matematis kita mengalami kesulitan. Pemodelan dengan menggunakan programa liniear memerlukan parameter – parameter yang harus diketahui secara pasti nilainya. Tetapi dalam dunia nyata, koefisien – koefisien tersebut (fungsi objektif, resourses, dan constraints) tidak semua nilainya diketahui secara pasti. Kelemahan inilah yang ingin diatasi dengan menggunakan fuzzy linear programming (FLP). FLP adalah salah satu pengembangan linear programming yang mampu mengakomodasi ketidakpastian yang terjadi dalam dunia nyata.Melalui data yang telah dikumpulkan dan dibuat model matematisnya, dapat diketahui bahwa sumber daya produksi yang terbatas menyebabkan jumlah produksi tidak dapat memenuhi permintaan. Hal ini menyebabkan perusahaan harus menerapkan overtime. Metode fuzzy linear programming yang dirancang ini dapat menentukan jumlah masing-masing product mix yang diproduksi pada periode tertentu agar tercapai throughput(Z) dan degree of satisfation(a) yang optimal bagi perusahaan.Dari permasalahan tersebut dengan bantuan software WinQSB untuk perencanaan agregat produksi periode tiwulan ketiga tahun 2007 didapatkan nilai ? yang optimal adalah 0,4883, dengan jumlah produk masing-masing adalah 18406 pasang untuk sandal Klasik, 10975 pasang untuk sandal Casual, dan 7485 pasang untuk sandal Sporty, sehingga nilai a adalah 0.5117 dan nilai throughput, Z, yang optimal adalah sebesar Rp 93.578.531,00. Sedangkan untuk perencanaan agregat produksi pada triwulan keempat tahun 2007 diperoleh nilai ? yang optimal adalah 0,4618, dengan jumlah produk masing-masing adalah 18701 pasang untuk sandal Klasik, 10521 pasang untuk sandal Casual, dan 7457 pasang untuk sandal Sporty, sehingga nilai a adalah 0.5382 dan nilai throughput, Z, yang optimal adalah sebesar Rp 92.805.879,00. |