Dalam sebuah binis jasa penyiaran yang Memberikan hiburan, informasi dan media untuk beriklan, pemilihan dan penayangan program acara yang bermutu, sesuai dengan selera pemirsa, dan up to date sangatlah penting untuk menarik pengiklan dan pemirsa. RCTI memiliki departemen yang khusus menangani masalah pemilihan program acara yang akan tayang yaitu Departemen Acquisition. Pemilihan program acara dilakukan beberapa tahap, diawali dari pemilihan oleh program analyst dan kemudian hasil tersebut akan dibawa kepada tim analisis untuk dianalisis lebih lanjut. Program-progam acara yang sedang tayang tidak akan selamanya tayang, hal ini dikarenakan perubahan selera penonton, kejenuhan pemirsa dan perkembangan program acara. Oleh karena itu RCTI juga melalui Departemen Acquisition dan dibantu oleh departemen lainny aseperti Departemen Program Research and Development (PR&D) dan Director Sales and Marketing menganalisis program acara yang sedang tayanag apakah masih dapat menarik pemirsa dan pengiklan. Dapat disimpulkan bahwa Departmen Acquisition merupakan salah satu departemen RCTI yang memiliki peran utama dalam melakukan pemilihan progam acara yang akan ditayangkan dimana program acara tersebut diharapkan dapat menarik pemirsa televisi untuk menyaksikan program-program acara yang ditayangkan RCTI dan menarik minat perusahaan lain untuk mengiklankan produk ataupun jasanya melaui stasiun televisi RCTI kepada masyarakat luas se-Indonesia. |