Setiap konsumen memiliki pilihan atau preferensi akan suatu produk ketika dihadapkan dengan suatu alternatif pilihan. Dalam memilih suatu produk yang akan dikonsumsi, konsumen akan melihat sekumpulan atribut yang terdapat dalam suatu produk atau jasa yang dipilihnya sebagai bahan pertimbangan konsumen untuk memilih. Setiap produk atau jasa tentunya memiliki Value atau Nilai sehingga setiap produk memiliki nilai tambah sendiri – sendiri yang tidak dimiliki oleh produk atau jasa lain. Selain itu konsumen juga memiliki kemampuan untuk melakukan penghitungan setiap atribut yang terdapat dalam alternatif suatu produk atau jasa sehingga memungkinkan konsumen untuk memaksimalkan value yang akan diterima oleh konsumen ketika mengkonsumsi suatu produk atau jasa. Dalam melakukan analisis preferensi Suplemen Makanan YOU • C1000 atau SIDOMUNCUL vitamin C 1000, penulis menggunakan metode Conjoint Analysis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa atribut rasa merupakan atribut yang paling dominan menjadi pertimbangan dalam memilih produk Suplemen Makanan. Dan mayoritas konsumen memilih Suplemen Makanan YOU • C1000 dengan atribut rasa orange, Gizi (kandungan gula) 6 gram, harga sebesar Rp3.100 dan dengan kemasan botol. |