Praktik magang yang penulis laksanakan di PT Manunggal Air Service (PT MAN) selama seratus lima puluh lima puluh (150) jam kerja atau sekitar lima (5) minggu merupakan salah satu syarat dalam memperoleh gelar sarjana ekonomi di Universitas Indonesia Atma Jaya. Alasan penulis memilih jalur non-skripsi dengan membuat tugas akhir laporan praktik magang ini adalah agar penulis dapat mengerti, memahami, dan terjun langsung dalam dunia kerja yang sebenarnya. Dalam perusahaan ini, penulis berada dalam posisi staf pada bagian Personalia/Umum sebagai pelaksana dibawah Direktorat Umum. Pekerjaan yang diberikan adalah pekerjaan yang berhubungan dengan sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut, yaitu meliputi pemeliharaan fasilitas kantor dan kendaraan dinas, perencanaan kebutuhan keperluan lapangan, surat cuti/ijin jalan, pemeliharaan kesehatan karyawan, dan pelatihan (training) karyawan. Setelah melaksanakan praktik magang ini, penulis mengamati, memahami, dan mempelajari tentang adanya masalah, kekurangan, dan hambatan, yang intinya hanya tertumpu pada satu persoalan saja, yaitu pada pelaksanaan Pokok-pokok Organisasi dan Prosedur (POP) PT MAN yang seringkali tidak sesuai dengan realisasinya, dan mengakibatkan pelaksanaan POP PT MAN menjadi kurang maksimal. Faktor yang paling dominan dalam pelaksanaan POP adalah harus diteladani oleh para pucuk pimpinan, sehingga menjadikan sempitnya ruang gerak bagian Personalia/Umum. Oleh karena itu, penulis mengusulkan pada bagian ini untuk pro-aktif merealisasikan pelaksanaan POP dengan mengadakan rapat Dewan Direksi, bahkan memintanya untuk mengganti/merevisi isi POP yang telah adanya sebelumnya agar sesuai dengan pelaksanaannya. |