Prestasi belajar siswa kelas I terutama mata pelajaran IPS, IPA, Bahasa Indonesia dan Matematika rendah, hal ini dibuktikan dari hasil ulangan harian sekitar 40% - 80% siswa yang belum bisa mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM). Penyebab dari rendahnya prestasi belajar tersebut adalah proses pembelajaran di sekolah khususnya kelas I masih terpisah-pisah atau terkotak-kotak antar mata pelajaran padahal, karakteristik siswa kelas I masih berpikir secara holistik. Berdasarkan alasan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran tematik.Pembelajaran tematik yaitu menggabungkan beberapa mata pelajaran dalam satu tema.Tema yang dipilih adalah makanan empat sehat lima sempurna. Berdasarkan hasil telaah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada semester satu maka tema tersebut dapat memadukan mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia, Matematika, dan Seni Rupa. Topik-topik yang disatukan dalam tema tersebut sesuai dengan silabus dan program pengajaran semester satu SD Tarakanita 5. Penerapan pembelajaran tematik ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah 1 guru dan 42 siswa kelas IA, terdiri dari 22 anak laki-laki dan 20 anak perempuan. Pembelajaran tematik ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Siklus I menekankan pada pemahaman konsep. Siklus II menekankan pada penerapan konsep. Siklus III menekankan pada pemantapan dan perayaan. Studi awal dengan mengadakan pre test dan diperoleh data rata- rata prestasi siswa 6.27 atau 47% siswa tidak mencapai SKBM. Setelah dilakukan penelitian ternyata prestasi siswa semakin meningkat dari tiap siklus. Data terakhir diperoleh rata- rata prestasi siswa 9.23 atau 97% siswa dapat mencapai SKBM. Dari ketiga siklus pembelajaran, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) waktu pembelajaran lebih efisien, (2) meningkatkan minat dan merangsang siswa untuk berpikir, (3) siswa senang ketika belajar, (4) Prestasi belajar meningkat, (5) pemilihan tema relevan dengan tugas perkembangan siswa, (6) Siswa belajar bersosialisasi, (7) Guru mengajar lebih kreatif.Berdasarkan hasil penelitian ini maka penerapan pembelajaran tematik efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas I Sekolah Dasar. Jika guru akan menggunakan pendekatan pembelajaran tematik, maka guru harus mempersiapkan tema, materi, metode, media, dan pengelolaan kelas yang baik. |