Anda belum login :: 22 Nov 2024 13:02 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
GAMBARAN KONSEP DIRI SISWA KELAS II SLTP NURUL IMAN PARUNG BOGOR
Bibliografi
Author:
Susiati, Atma
;
Sudarnoto, Laura Francisca Neneng
(Advisor)
Topik:
Konsep Diri
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2007
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Atma Susianti's Undergraduate Theses.pdf
(199.26KB;
107 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-330
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Konsep diri adalah gambaran yang dimiliki seseorang mengenai dirinya sendiri baik berupa karakteristik fisi, psikologis, sosial dan emosional, aspirasi dan prestasi sebagai hasil observasi terhadap dirinya dimasa lalu dan pada saat sekarang ini. Konsep diri dapat dilihat dari 5 komponen yaitu : diri fisik, diri pribadi, diri moral-etis, diri keluarga dan diri sosial. Masa yang sangat penting bagi seorang individu dalam perkembangan konsep diri dimulai pada masa anak – anak menuju masa dewasa. Masa anak –anak menuju masa dewasa merupakan masa peralihan dimanaa kepribadian mulai terbentuk dan terlihat pada perilaku sosialnya. Siswa – siswi kelas II SLTP Nurul Iman adalah remaja yang berusia antara 13 tahun sampai 15 tahun. Siswa – siswi kelas II SLTP Nurul Iman Parung Bogor dituntut lebih mempersiapkan diri untuk masuk sekolah kejenjang yang lebih tinggi yaitu SLTA. Setelah lulus dari SLTP, usia yang relatif masih muda dan masa peralihan membuat para siswa SLTP memerlukan lebih dari sekedar bekal ilmu yang mereka terima di sekolah. Siswa – siswi juga membutuhkan bimbingan untuk berinteraksi dengan lingkungan yang baru, tata tertip dan situasi sekolah yang baru sehingga mereka memiliki konsep diri yang positif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep diri siswa – siswi kelas II SLTP Nurul Iman parung Bogor. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa – siswi kelas II SLTP Nurul Iman. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 65 orang, yang terdiri dari 25 siswa laki – laki dan 40 siswi perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Deskriptif, sedangkan instrumen yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data adalah skala penilaian. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil uji coba instrumen dari 50 pernyataan ada 29 pernyataan yang dinyatakan valid dengan reliabilitas Alpha sebesar 0.8332.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 41.54% siswa memiliki konsep diri cukup positif, 10.77% siswa memiliki konsep diri positif, 3.10% siswa memiliki konsep diri sangat positif. Sedangkan 13.85% siswa memiliki konsep diri negatif dan 1.54% siswa memiliki konsep diri sangat negatif. Saran yang diberikan kepada SLTP Nurul Iman agar meningkatkan kegiatan yang berhubungan dengan konsep diri siswa dan memberikan bimbingan pada siswa – siswi baik yang memiliki konsep diri positif maupun negatif, seta menciptakan iklim sekolah yang bisa mendukung perkembangan konsep diri.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)