Dewasa ini usaha restoran dan sejenisnya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Agar tetap bertahan dan mampu bersaing restoran Beautika menyadari pentingnya mempertahankan kepuasan pelanggan yang sudah ada dan membangun loyalitas terhadap pelanggan. Secara umum materi pembahasan dalam skripsi ini didasarkan pada penelitian bagaimana pengaruh tingkat kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan restoran Beautika cabang Hanglekir Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Objek penelitian penulis adalah restoran Beautika yang berlokasi di Hanglekir Kebayoran Baru, Jakarta-Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan menggunakan teknik analisis data: (1) Koefisien Korelasi Pearson, (2) Koefisien Penentu, (3) Regresi Linier Berganda, dan (4) Uji Hipotesis. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang pelanggan restoran Beautika, diketahui bahwa terdapat pengaruh yang kuat, positif, dan signifikan antara kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan dimana r = 0,646, KP = 41,73%, t hitung > t tabel (8,374> 1,9845). Serta diperoleh persamaan garis regresi Y’ = 1,862 + (-0,257)X1 + (0,534)X2 + (0,348)X3 + (1,057)X4 + (0,026)X5 + (0,428)X6 + (-0,126)X7 + (-0,191)X8 + (0,615)X9. Hal-hal yang perlu diperhatikan pihak manajemen adalah lahan parkir yang harus diperluas, serta pelaksanaan standard quality control dalam periode waktu tertentu yang ditetapkan. |