Ketatnya persaingan di industri media cetak belakangan ini khususnya pada tabloid mengharuskan perusahaan penerbit untuk menerapkan strategi pemasaran yang baik agar tabloid yang diterbitkan dapat terus dibaca oleh masyarakat dan tetap dapat bersaing dengan media cetak lainnya. Salah satu strategi pemasaran tersebut adalah melalui penguatan ekuitas merek. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap ekuitas merek Tabloid Fantasi Teen yang diterbitkan oleh PT. VISI INDOMEDIA. Elemen yang diteliti adalah kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 100 kuesioner kepada siswa SMK Makarya 1-Jakarta dengan teknik Judgmental Sampling. Penyebaran kuesioner dilakukan dari tanggal 17 November 2005 sampai dengan 21 November 2005. Data yang terkumpul tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh data dapat dilihat bahwa tingkat kesadaran merek responden terhadap Tabloid Fantasi Teen masih rendah yaitu berada pada Brand Recognition (39%). Sedangkan untuk Asosiasi Merek Tabloid Fantasi Teen sudah memiliki hubungan yang erat dengan rata-rata penilaian 4,09, Persepsi Kualitas yang baik dengan rata-rata total penilaian 4,032 dan mempunyai pembaca yang merasa puas terhadap Tabloid Fantasi Teen tersebut (Satisfied buyer 84,5%). |