Setiap konsumen berhak untuk menilai suatu produk deterjen berdasarkan pada persepsinya. Namun tak jarang mereka mengalami kesulitan dalam menilai mana produk yang terbaik. Hal tersebut dikarenakan semakin banyaknya merek deterjen yang beredar dipasar saat ini yang menawarkan produk deterjen yang berkualitas. Sehubungan dengan hal ini, penulis melakukan penelitian dengan topik: “Analisis Persepsi Responden terhadap deterjen Rinso dan So Klin” (Analysis of Respondent Perception toward Rinso and So Klin Detergents). Atribut-atribut yang diteliti adalah: variasi produk, keampuhan membersihkan pakaian, merek, kemasan, keekonomisan pemakaian, keharuman cucian, harga, promosi, dan kemudahan dalam mendapatkan produk. Dalam mengumpulkan data, penulis menyebarkan 100 kuesioner kepada responden diwilayah perumahan Raffles Hills, Cibubur, Jakarta Timur, dengan metode convenience sampling dari tanggal 29 Oktober 2005 sampai dengan 12 November 2005. Untuk menganalisis data yang telah diperoleh digunakan perhitungan Mean Score dan Overall Mean Score. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa atribut-atribut yang mempengaruhi persepsi responden terhadap deterjen Rinso adalah: merek yang terkenal, kemudahan mendapatkan produk, keharuman cucian dan variasi produk. Sedangkan atribut-atribut yang mempengaruhi persepsi responden terhadap deterjen So Klin adalah: merek yang terkenal, kemudahan mendapatkan produk, keekonomisan pemakaian dan keharuman cucian. Selain itu, responden lebih menyukai deterjen Rinso. |