Anda belum login :: 17 Feb 2025 13:02 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Persepsi dan Perasaan Siswa Kelas X Terhadap Perilaku Bullying (Studi Kasus di SMA“O”)
Bibliografi
Author:
Suryani, Christina
;
Royanto, Lucia R.M.
(Advisor)
Topik:
Persepsi
;
Perilaku bullying
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta Selatan 12930
Tahun Terbit:
2007
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Christina Suryani's Undergraduate Theses.pdf
(585.64KB;
64 download
)
Abstract
Salah satu bentuk kekerasan adalah perilaku bullying. Perilaku bullying ini
dianggap sebagai suatu perilaku kekerasan jika dilakukan dengan cara
mengancam ataupun melalui tindakan agresif baik fisik maupun non fisik.
Perilaku bullying di sekolah lebih dikenal dengan sebutan “senioritas”, yaitu
tindakan kakak kelas menggunakan kekuasaannya untuk mengerjai atau menyakiti
adik kelasnya. Bullying menurut Sullivan (2000), adalah tindakan yang dilakukan
oleh seseorang atau kelompok yang memiliki kuasa, bertujuan untuk menyakiti
orang lain baik secara fisik dan atau psikis, dilakukan tanpa alasan yang jelas,
terjadi secara berulang, juga merupakan suatu perilaku agresif dan atau
manipulatif yang dilakukan dengan sengaja dan secara sadar oleh seseorang atau
kelompok kepada orang lain atau kelompok lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pandangan siswa terhadap
perilaku bullying, gambaran mengenai perilaku bullying yang digunakan oleh
anak laki-laki di sekolah homogen, gambaran detil kejadian bullying yang dialami
oleh siswa, termasuk bentuk perilaku bullying, faktor penyebab bullying dan cara
siswa dalam melakukan penyesuaian terhadap perilaku bullying yang ada.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus dengan
metode utamanya adalah wawancara dan observasi. Melalui wawancara dan
observasi diperoleh pengetahuan tentang makna-makna subjektif yang dipahami
individu berkenaan dengan topik yang diteliti. Dengan cara tersebut dapat
dilakukan eksplorasi terhadap isu tertentu dan deskripsi peristiwa atau situasi yang
dipelajari, juga dapat digali tentang aktivitas yang berlangsung, orang-orang yang
terlibat dalam aktivitas dan makna kejadian dilihat dari perspektif mereka yangterlibat dalam kejadian yang diamati tersebut. Penelitian ini dilakukan di sebuah
sekolah khusus laki-laki dengan melibatkan siswa-siswa kelas X sebagai subjek
penelitian.
Dari penelitian ini didapatkan hasil-hasil sebagai berikut: siswa-siswa di
SMA “O” menggunakan berbagai bentuk bullying. Bullying secara langsung
digunakan kakak kelas untuk menyakiti adik kelas, dan bullying secara tidak
langsung cenderung dipakai oleh siswa untuk menyakiti siswa lain yang
seangkatan. Bentuk bullying secara tidak langsung yang dipakai berupa merusak
hubungan dan ekspresi non-verbal yang dilakukan oleh kakak kelas dengan
menunjukkan wajah angkuh, melirik dan menengadahkan dagu. Siswa-siswa di
SMA “O” juga tidak melihat tempat dan waktu dalam melakukan bullying.
Dimana saja dan kapan saja mereka mau, mereka akan melakukan perilaku
bullying.
Sikap kepala sekolah yang tidak mengambil tindakan secara tegas untuk
menghentikan perilaku bullying ini, akhirnya mempertahankan perilaku tersebut
tetap terpupuk dan membuat siswa menganggap perilaku tersebut wajar, sampai
akhirnya dianggap sebagai sebuah tradisi, yaitu tradisi ‘senioritas’. Bukan hanya
antar siswa yang melakukan bullying tetapi guru ataupun satuan pengamanan
sekolah juga turut melakukan bullying kepada siswanya, hal inilah yang turut
memupuk suburnya bullying di sekolah
Saran teoretis untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan penelitian
kepada siswa kelas XI, kelas XII dan alumni, untuk mendapatkan gambaran yang
lebih komprehensif sedangkan saran praktis adalah menetapkan peraturan sekolah
secara tegas dengan konsekuensinya serta meningkatkan kewenangan pihak
sekolah, agar para siswa lebih disiplin dalam berperilaku di sekolah ataupun di
luar sekolah serta mengembalikan otoritas pada kepala sekolah dan guru, juga
melakukan pendekatan terintegrasi yang melibatkan sekolah, orang tua dan
masyarakat sekitar.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)