Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen mengenai promosi penjualan “buy one get one free” dan pengaruhnya terhadap minat beli konsumen”. (studi kasus: pada outlet The Body Shop di Mall Puri Indah Jakarta).Adapun metode-metode yang dipakai dalam menganalisis data adalah rata-rata hitung (mean), koefisien korelasi dan regresi linear sederhana yang dihitung dengan menggunakan SPSS.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi konsumen terhadap Promosi Penjualan “buy 1 get 1 free” adalah baik, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi konsumen mengenai “buy 1 get 1 free” terhadap minat beli mereka. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi: Y = 0,071 + 0,449X, yang artinya setiap ada peningkatan persepsi konsumen terhadap promosi “buy 1 get 1 free” akan menyebabkan kenaikan minat beli sebesar 0,449. Koefisien penentunya sebesar 0,351. Hal ini berarti 35,1% minat beli dipengaruhi oleh variabel persepsi konsumen terhadap promosi “buy 1 get 1 free”, sedangkan sisanya 64,9% dipengaruhi oleh sebab-sebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran penulis adalah agar The Body Shop menambah frekuensi promosi penjualan “buy one get one free” yang sudah terbukti meningkatkan minat beli konsumen, selain itu juga memperluas promosinya melalui media yang lain, misalnya dengan memasang iklan di tv atau surat kabar, mengadakan undian berhadiah, dan sebagainya. |