Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang cepat dan tantangan persaingan global menuntut efektivitas strategi pemasaran. Promosi media luar ruang melalui pemasangan billboard di jalan-jalan dapat menjadi salah satu motivasi konsumen dalam membeli suatu produk. Selain itu, promosi melalui periklanan di televisi merupakan strategi yang cukup efektif untuk menjadi salah satu pemicu minat beli konsumen terhadap suatu produk. Pada intinya penulis membandingkan antara promosi media luar ruang dan iklan di televisi terhadap minat beli motor Suzuki. Penulis memilih motor Suzuki dikarenakan Suzuki merupakan salah satu perusahaan dalam industri otomotif di Indonesia yang mempunyai kedudukan yang cukup baik di mata konsumen Indonesia. Oleh karena itu, berdasarkan uraian diatas, maka penulis melakukan penelitian dengan topik : Analisis perbandingan promosi media luar ruang dan iklan melalui televisi terhadap minat beli motor Suzuki. Data dikumpulkan dengan menyebarkan 98 kuesioner kepada mahasiswa Atmajaya yang menggunakan motor Suzuki dengan teknik sampling insidental. Periode waktu penyebaran kuesioner dilakukan dari tanggal 14 September 2005 sampai 30 September 2005 di Universitas Atmajaya Jakarta dan dilakukan pada jam 10.00 sampai jam 14.00 WIB. Adapun faktor-faktor atau atribut-atribut yang dianalisis adalah tampilan promosi media luar ruang, seringnya konsumen dalam menjumpai promosi media luar ruang, tampilan iklan motor Suzuki di televisi, seringnya konsumen dalam melihat iklan motor Suzuki di televisi, dan minat beli konsumen setelah melihat promosi media luar ruang dan iklan melalui televisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan melalui televisi mempunyai hubungan yang lebih besar terhadap minat beli motor Suzuki dibandingkan dengan promosi media luar ruang. |