Dewasa ini perkembangan teknologi sangat pesat terlebih lagi di bidang layanan komunikasi telepon genggam yaitu dengan hadirnya teknologi baru CDMA, dimana konsumen dapat berkomunikasi dengan tarif pulsa yang sama dengan tarif telepon lokal atau PSTN. Oleh sebab itu muncullah banyak provider jaringan CDMA yang berlomba-lomba ingin menguasai pasar ini. Sehubungan dengan hal ini penulis meneliti tentang pilihan konsumen terhadap dua merek kartu prabayar yang sedang gencar-gencarnya melakukan promosi yaitu Esia dan Flexi dengan judul ”Analisis pilihan konsumen terhadap kartu prabayar Esia dan Flexi trendi (Studi kasus di ITC Roxy Mas)”. Peneliti menyebarkan kuesioner lalu menganalisis data tersebut dengan menggunakan perhitungan Mean Score, Overall Mean Score dan Uji bertanda Wilcoxon. Dari analisis data tersebut didapatkan hasil bahwa konsumen lebih memilih kartu prabayar Esia dibandingkan dengan Flexi trendi. Atribut-atribut yang dipertimbangkan dalam memilih kartu prabayar Esia adalah mudahnya mendapatkan kartu perdana dan voucher isi ulang, program promosi yang menarik, konektivitas, dan harga kartu perdana. Sedangkan atribut-atribut yang dipertimbangkan dalam memilih kartu Flexi trendi adalah mudahnya mendapatkan kartu perdana dan voucher isi ulang, harga kartu perdana dan tarif pulsa menelpon dan sms. |