Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:04 WIB
Detail
BukuDampak Teknik Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Permainan Terhadap Keterampilan Berbicara dan Menulis Serta Motivasi Belajar Siswa Kelas IV B SD SANTA MARIA FATIMA Tahun Ajaran 2005 – 2006
Bibliografi
Author: Surtinah, T. H. ; Luciana (Advisor)
Topik: Berbicara Dan Menulis Serta Motivasi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Theresia Surtinah's Undergraduate Theses.pdf (1.37MB; 40 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-021
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mempunyai dua tujuan. Tujuan yang pertama adalah untuk mengetahui sejauh mana permainan dalam pembelajaran dapat mengoptimalkan kemampuan berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris bagi siswa kelas IV B SD Santa Maria Fatima. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui sejauh mana permainan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris.Berdasarkan metode Penelitian Tindakan Kelas , data penelitian ini diperoleh melalui : 1) wawancara terhadadap guru mata pelajaran Bahasa Inggris, 2) angket yang diberikan kepada siswa kelas IV B, 3) observasi sebelum dan selama tindakan dilakukan, 4) pre tes dan post tes. Wawancara yang dilakukan terhadap tiga orang guru bahasa Inggris menyibak bahwa dua orang guru masih mengajar secara konvensional dengan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered). Satu orang guru yang lainnya sudah menggunakan metode yang bervariasi dan memusatkan pembelajaran pada siswa (student centered). Berdasarkan angket yang disebarkan kepada 34 orang siswa, penulis memperoleh data bahwa 88 % responden menunjukkan minat yang besar terhadap bahasa Inggris. Hal ini memberikan gambaran bahwa sebagai mata pelajaran bahasa Inggris merupakan pelajaran yang disukai. Angket yang diberikan setelah tindakan menunjukkan bahwa secara afektif permainan membawa dampak positif sedangkan dari segi kemampuan berbahasa dapat dikatakan ada peningkatan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 4 siklus. Setiap siklus memuat perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I dan II disampaikan materi pembelajaran tentang Numbers melalui permainan Bean Toss dan Higher or Lower. Pada siklus III dan IV disampaikan materi Colours melalui permainan Colour Bingo dan Clothes Dominoes. Aspek menulis diamati melalui dikte, sedang aspek berbicara diamati melalui dialog sederhana tentang warna, yang diberikan melalui permainan Clothes Dominoes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik permainan dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dan menulis, serta perbaikan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)