Sejalan dengan perkembangan perekonomian sekarang ini, usaha di bidang Rumah Makan semakin pesat pertumbuhannya dan semakin kompetitif. Salah satunya adalah Rumah Makan Bakmi Golek dengan empat cabang yang berlokasi di beberapa daerah di Jakarta Timur. Dalam menghadapi persaingan yang ketat, Rumah Makan Bakmi Golek menggunakan strategi pemasaran khusus, yaitu strategi promosi dan strategi pelayanan. Penelitian dilakukan untuk menganalisis pengaruh biaya promosi dan biaya pelayanan terhadap tingkat penjualan Rumah Makan Bakmi Golek. Penulis menggunakan Analisis Regresi Berganda Linear dan Uji hipotesis dengan program komputer SPSS. Dari hasil perhitungan SPSS, terbukti bahwa biaya promosi dan biaya pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat penjualan. Saran – saran yang bisa penulis berikan adalah sebaiknya Rumah Makan Bakmi Golek menambah kendaraan armada pesan antar supaya pesanan dapat diantarkan kepada pelanggan tanpa memakan waktu yang banyak, membuat sistem penerimaan pesanan telefon yang lebih baik supaya komunikasi dengan pelanggan terjaga baik, dan senantiasa melakukan pemugaran dan perbaikan interiornya. |