Keadaan persaingan pasar dewasa ini yang semakin ketat, membuat setiap perusahaan membutuhkan suatu strategi persaingan yang mampu menjamin perusahaan dalam menghadapi persaingan. Cybermarketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dapat dijalankan oleh suatu perusahaan agar mampu bersaing dalam pasar global. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap penggunaan internet dalam penjualan produk-produk PT Gramedia Pustaka Utama. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah dengan metode deskriptif, yaitu untuk enggambarkan situasi dan kondisi secara jelas, utuh dan sebagaimana adanya. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner melalui e-mail sebanyak 100 buah kepada konsumen Gramedia Online, namun e-mail yang dikirimkan kembali dan memenuhi syarat hanya sebanyak 76 buah. Dari hasil 76 kuesioner ini, diasumsikan telah mewakili seluruh pelanggan Gramedia Online. Dengan menerapkan tujuh besar Cybermarketing diharapkan perusahaan dapat mengetahui tingkat respon konsumen Gramedia Online. Sasaran penjualan Gramedia Online ini adalah semua kalangan, namun secara khusus ditujukan juga untuk para mahasiswa, para karyawan atau para eksekutif, dan para profesional. Dari hasil penelitian, tanggapan konsumen terhadap strategi Cybermarketing pada PT Gramedia Pustaka Utama dinilai cukup baik. Dan tingkat penjualan produk-produk Gramedia Online akan lebih maju, khususnya bila ditunjang dengan kualitas pelayanan yang lebih baik. |