Saat mi jumlah pasan swalayan yang ada di Jakarta sudah sangat banyak dan beragam. Hal mi terjadi karena konsumen menginginkan tempat belanja yang nyaman dan menyediakan berbagai kebutuhan hidup mereka secara lengkap sehingga konsumen hanya penlu mengunjungi satu tempat saja untuk membeli benbagai kebutuhan hidup meneka. Sehubungan dengan beragamnya pilihan konsumen, maka penulis ingin menganalisis pilihan konsumen terhadap pasar swalayan yang ada. Namun, penulis membatasi analisis pilihan konsumen ml hanya pada dua pasar swalayan saja, yaitu Carrefour Duta Merlin dan Hypermart Gajah Mada Plaza. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 112 ibu - ibu rumah tangga yang tinggal di wilayah Knendang Barat, Kelurahan Krendang, RW 05, RI 008 dan 009, Jakarta Barat yang pennah berbelanja di Carrefour Duta Merlin dan Hypermart Gajah Mada Plaza. Data yang diperoleh kemudian dmanalisis dengan menggunakan penghmtungan Mean Score, Overall Mean Score dan perangkat statistik uji non parametrik Wilcoxon, dimana untuk penghitungan uji non parametnik Wilcoxon dilakukan dengan menggunakan program komputer SPSS versi 13.0. Atnibut — atribut yang dianalisis adalah kelengkapan dan ketensediaan produk, kualitas dan kesegaran pnoduk, tata letak dan kerapihan penyusunan produk, kenyamanan ruangan (bersih, aman, sejuk), harga produk, promosi, kecekatan dan ketelitian kasir, lokasi, serta luas area dan kemudahan parkin. Dan hasil penelitian dapat ditanik kesimpulan bahwa konsumen lebih memilih berbelanja di Carrefour Duta Merlin daripada Hypermart Gajah Mada Plaza. |